Udang Kecil: Ragam dan Keunikan

Hendry Juanda

Udang merupakan salah satu seafood yang populer dan disukai banyak orang karena teksturnya yang lembut dan rasa yang khas. Di Indonesia, terdapat berbagai jenis udang, mulai dari yang berukuran besar hingga yang kecil. Artikel ini akan membahas tentang udang kecil yang sering dijumpai dan digunakan dalam berbagai olahan masakan.

Udang Rebon

Salah satu jenis udang kecil yang populer adalah Udang Rebon. Udang ini memiliki ukuran tubuh hanya 2-3,5 sentimeter dan sering diolah menjadi pelengkap masakan, seperti rempeyek, botok, atau sambal udang.

Tabel Jenis Udang Kecil Populer di Indonesia

No Nama Udang Deskripsi Penggunaan dalam Masakan
1 Udang Rebon Ukuran 2-3,5 cm, sering dijadikan pelengkap Rempeyek, botok, sambal udang
2 Udang Peci Varian lain udang jerbung, berwarna putih dengan bintik hitam Digoreng, asam manis
3 Udang Jerbung Kulit tipis dan licin, warna putih agak kekuningan Digoreng, dibakar, dikukus

Pengolahan Udang Kecil

Udang kecil bisa diolah dengan berbagai cara tergantung pada jenisnya. Misalnya, udang rebon cocok diolah menjadi pelengkap masakan karena ukurannya yang sangat kecil. Sementara itu, udang peci dan jerbung lebih sering digunakan untuk olahan masakan utama seperti digoreng atau dibuat asam manis.

Kesimpulan

Udang kecil menawarkan variasi yang kaya untuk berbagai jenis masakan. Dengan ukurannya yang kecil, udang ini mudah diolah dan dapat menambah cita rasa pada masakan. Di Indonesia, udang kecil seperti udang rebon, peci, dan jerbung adalah beberapa jenis yang populer dan sering dijumpai di pasaran.

: IDN Times
: Crystal Sea

BACA JUGA  Kelezatan Autentik Ketan Bumbu Nyonya Lani

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment

Ads - Before Footer