Pesona Sejarah di Ketinggian: Candi Arjuna

Rini Diana Wati

Candi Arjuna, terletak di dataran tinggi Dieng, Jawa Tengah, adalah kompleks candi Hindu tertua di Indonesia yang menawarkan pengalaman wisata sejarah dan budaya yang kaya. Berikut adalah informasi terperinci tentang tiket masuk Candi Arjuna, lengkap dengan tabel perbandingan untuk memudahkan Anda.

Harga Tiket Masuk Candi Arjuna

Tiket masuk Candi Arjuna memberikan akses tidak hanya ke kompleks candi itu sendiri tetapi juga ke Kawah Sikidang, salah satu kawah aktif di Dieng. Berikut adalah rincian harga tiket:

Kategori Pengunjung Harga Tiket
Wisatawan Domestik Rp15.000
Wisatawan Asing Rp30.000
Wahana Naik Kuda Rp20.000

Harga tiket dapat berubah tergantung pada kebijakan terbaru, jadi disarankan untuk memeriksa informasi terkini sebelum berkunjung.

Jam Operasional

Candi Arjuna buka setiap hari dari pukul 07.00 WIB hingga 17.00 WIB. Waktu terbaik untuk mengunjungi adalah di pagi hari ketika udara masih sejuk dan pemandangan pagi hari di dataran tinggi Dieng sangat memukau.

Keunikan Candi Arjuna

Kompleks Candi Arjuna terdiri dari lima candi utama dengan arsitektur yang beragam, mencerminkan perpaduan gaya India dan lokal. Candi-candi ini diperkirakan dibangun pada abad ke-8 Masehi, dengan Candi Arjuna sebagai yang tertua.

Fasilitas

Pengunjung dapat menikmati fasilitas seperti wahana naik kuda dan area swafoto dengan latar belakang candi dan perbukitan hijau. Selain itu, terdapat juga berbagai fasilitas pendukung lainnya untuk memastikan kenyamanan pengunjung selama di lokasi.

Tips Berkunjung

  • Simpan tiket masuk Anda dengan baik karena tiket berlaku untuk dua tempat wisata.
  • Datanglah di pagi hari untuk menikmati udara sejuk dan pemandangan yang indah.
  • Pastikan untuk mengenakan pakaian yang nyaman dan sepatu yang sesuai untuk berjalan-jalan di area candi.
BACA JUGA  Tiket Museum Ullen Sentalu

Dengan persiapan yang tepat, kunjungan Anda ke Candi Arjuna tidak hanya akan menjadi perjalanan yang menyenangkan tetapi juga pengalaman edukatif yang berharga. Selamat berwisata!

: Travelspromo

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment

Ads - Before Footer