Pantai Sadranan: Permata Tersembunyi di Pesisir Gunungkidul

Rini Diana Wati

Pantai Sadranan adalah salah satu destinasi wisata yang menarik di Yogyakarta, terkenal dengan pasir putihnya yang mempesona dan kegiatan snorkeling yang menawan. Terletak di Dusun Pulegundes II, Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, pantai ini menawarkan pengalaman yang tidak terlupakan bagi para pengunjungnya.

Keindahan Alam Pantai Sadranan

Pantai Sadranan tidak hanya menyuguhkan keindahan alam semata, tetapi juga menjadi tempat yang penting bagi masyarakat sekitar untuk mencari nafkah dan melakukan kegiatan religi. Asal usul nama pantai ini berasal dari kata ‘nyadran’, yaitu ritual sedekah laut yang merupakan ungkapan rasa syukur kepada Sang Pencipta atas rezeki yang diperoleh.

Aktivitas Wisata di Pantai Sadranan

Berikut adalah beberapa aktivitas yang bisa dilakukan di Pantai Sadranan:

  • Snorkeling: Pantai ini menawarkan pemandangan bawah laut yang kaya dengan biota laut dan terumbu karang yang indah. Pengunjung dapat menyewa alat snorkeling dengan harga Rp 50.000 dan dipandu oleh pemandu profesional.
  • Berenang dan Berjemur: Ombak di Pantai Sadranan lebih tenang dibandingkan pantai lain di Gunung Kidul, berkat batu karang besar yang berfungsi sebagai pemecah ombak.
  • Mendayung Kano: Selain snorkeling, pengunjung juga dapat mencoba mendayung kano di sekitar pantai dengan harga sewa Rp 50.000.

Akses ke Pantai Sadranan

Pantai Sadranan berjarak sekitar 64 kilometer dari pusat kota Yogyakarta dan dapat ditempuh dalam waktu sekitar 2 jam perjalanan menggunakan kendaraan pribadi. Untuk mencapai pantai ini dari pusat kota Jogja, Anda dapat mengambil arah Jalan Wonosari menuju pasar Wonosari.

Kesimpulan

Pantai Sadranan menawarkan kombinasi sempurna antara keindahan alam, kegiatan wisata yang seru, dan nilai budaya yang kaya. Pantai ini adalah destinasi yang wajib dikunjungi bagi siapa saja yang berada di Yogyakarta dan mencari pengalaman wisata yang berbeda.

BACA JUGA  Pesona Pantai Parangtritis: Permata Wisata di Yogyakarta

: YogYes.com
: Kompas.com
: TripJogja.co.id
: JelajahPantai.com

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment

Ads - Before Footer