Pantai Florida Indah Anyer: Pesona Pasir Putih dan Sunset yang Memukau

Rini Diana Wati

Pantai Florida Indah Anyer adalah salah satu destinasi wisata pantai yang terletak di Kabupaten Serang, Provinsi Banten. Pantai ini menawarkan keindahan alam yang luar biasa dengan pasir putih yang halus, air laut yang biru, dan pemandangan sunset yang menakjubkan. Pantai ini juga memiliki berbagai fasilitas dan aktivitas yang dapat dinikmati oleh pengunjung, seperti berenang, snorkeling, berselancar, bermain banana boat, ATV, atau sekadar bersantai di pinggir pantai.

Lokasi dan Akses

Pantai Florida Indah Anyer berada di Jalan Raya Anyer-Sirih, Desa Sindanglaya, Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang, Banten. Pantai ini berjarak sekitar 140 km dari Jakarta, atau sekitar 3 jam perjalanan dengan mobil. Untuk mencapai pantai ini, pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum seperti bus, travel, atau kereta api. Jika menggunakan kendaraan pribadi, pengunjung dapat mengambil jalur tol Jakarta-Merak dan keluar di gerbang tol Cilegon Barat. Kemudian, mengikuti arah menuju Anyer dan mencari petunjuk arah menuju Pantai Florida Indah Anyer. Jika menggunakan transportasi umum, pengunjung dapat naik bus jurusan Merak dari Terminal Kampung Rambutan atau Kalideres dan turun di Terminal Cilegon. Dari sana, pengunjung dapat melanjutkan perjalanan dengan menggunakan angkutan kota, ojek, atau taksi menuju Pantai Florida Indah Anyer.

Harga Tiket Masuk

Untuk dapat menikmati keindahan Pantai Florida Indah Anyer, pengunjung harus membayar tiket masuk sebesar Rp 15.000 per orang. Tiket ini berlaku untuk 24 jam dan sudah termasuk biaya parkir. Selain itu, pengunjung juga harus membayar biaya sewa peralatan atau wahana yang ingin digunakan, seperti snorkeling, banana boat, ATV, dan lain-lain. Harga sewa peralatan atau wahana bervariasi tergantung pada jenis dan lamanya penggunaan.

BACA JUGA  Daftar Nama Pantai di Gunungkidul yang Wajib Dikunjungi

Daya Tarik dan Aktivitas

Pantai Florida Indah Anyer memiliki beberapa daya tarik yang membuatnya menjadi salah satu pantai favorit di Banten. Berikut adalah beberapa daya tarik dan aktivitas yang dapat dilakukan di pantai ini:

  • Pasir Putih. Pantai ini memiliki pasir putih yang luas dan halus, yang sangat cocok untuk bermain pasir, berjemur, atau berfoto. Pasir putih ini juga memberikan kesan bersih dan eksotis pada pantai ini.
  • Air Laut. Air laut di pantai ini berwarna biru dan jernih, yang sangat menggoda untuk berenang atau snorkeling. Pengunjung dapat melihat berbagai jenis ikan dan terumbu karang yang hidup di bawah laut. Air laut di pantai ini juga tidak terlalu dalam dan berombak, sehingga aman untuk anak-anak.
  • Sunset. Salah satu daya tarik utama dari pantai ini adalah pemandangan sunset yang sangat indah. Pengunjung dapat menyaksikan matahari terbenam di cakrawala laut dengan warna langit yang berubah-ubah dari kuning, oranye, merah, hingga ungu. Pemandangan ini sangat romantis dan menenangkan, terutama jika disaksikan bersama orang terkasih.
  • Wahana Air. Pantai ini juga menyediakan berbagai wahana air yang dapat dinikmati oleh pengunjung, seperti banana boat, jet ski, flying fish, donat, dan lain-lain. Wahana-wahana ini sangat cocok untuk pengunjung yang suka tantangan dan sensasi. Harga sewa wahana air bervariasi tergantung pada jenis dan lamanya penggunaan.
  • ATV. Bagi pengunjung yang ingin merasakan sensasi berkendara di atas pasir, pantai ini juga menyediakan ATV atau All Terrain Vehicle. ATV adalah kendaraan roda empat yang dapat melaju di berbagai medan, termasuk pasir. Pengunjung dapat menyewa ATV dan mengendarainya di sepanjang pantai dengan harga Rp 50.000 per 15 menit.
  • Kuliner. Pantai ini juga memiliki banyak warung dan kios yang menjual berbagai jenis makanan dan minuman, mulai dari makanan ringan, makanan berat, hingga makanan khas pantai, seperti ikan bakar, sate cumi, kerang rebus, dan lain-lain. Pengunjung dapat menikmati kuliner pantai ini sambil menikmati pemandangan laut dan angin sepoi-sepoi.
BACA JUGA  Pesona Tersembunyi di Selatan Jawa: Pantai Gunung Kidul

Fasilitas

Pantai Florida Indah Anyer juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang dapat memudahkan dan memanjakan pengunjung, seperti:

  • Mushola. Bagi pengunjung yang ingin melaksanakan ibadah sholat, pantai ini menyediakan mushola yang bersih dan nyaman. Mushola ini terletak di dekat pintu masuk pantai dan dapat menampung sekitar 50 orang.
  • Toilet dan Kamar Mandi. Pantai ini juga memiliki toilet dan kamar mandi yang cukup banyak dan bersih. Toilet dan kamar mandi ini terletak di beberapa titik di sepanjang pantai dan dapat digunakan oleh pengunjung dengan membayar Rp 5.000 per kali pakai.
  • Gazebo. Pantai ini juga memiliki gazebo atau pondok-pondok yang dapat disewa oleh pengunjung untuk beristirahat atau bersantai. Gazebo ini terbuat dari bambu dan beratap daun kelapa, yang memberikan kesan alami dan sejuk. Harga sewa gazebo bervariasi tergantung pada ukuran dan lokasinya, mulai dari Rp 50.000 hingga Rp 150.000 per hari.
  • Penginapan. Bagi pengunjung yang ingin menginap di pantai ini, pantai ini juga menyediakan beberapa pilihan penginapan, mulai dari hotel, resort, villa, hingga homestay. Penginapan-penginapan ini menawarkan fasilitas dan harga yang beragam, tergantung pada kelas dan kualitasnya. Pengunjung dapat memilih penginapan yang sesuai dengan kebutuhan dan anggarannya.

Tips dan Saran

Sebelum berkunjung ke Pantai Florida Indah Anyer, ada beberapa tips dan saran yang dapat diikuti oleh pengunjung, antara lain:

  • Membawa perlengkapan. Pantai ini tidak menyediakan perlengkapan seperti handuk, sabun, sampo, atau sunscreen, sehingga pengunjung harus membawa perlengkapan tersebut sendiri. Selain itu, pengunjung juga disarankan untuk membawa pakaian ganti, topi, kacamata, dan sandal.
  • Membawa uang tunai. Pantai ini tidak memiliki ATM atau mesin EDC, sehingga pengunjung harus membawa uang tunai untuk membayar tiket masuk, sewa peralatan, makanan, minuman, atau penginapan. Pengunjung juga harus membawa uang secukupnya, karena tidak ada tempat tukar uang di pantai ini.
  • Mematuhi aturan. Pantai ini memiliki beberapa aturan yang harus dipatuhi oleh pengunjung, seperti tidak membuang sampah sembarangan, tidak merusak fasilitas, tidak berenang di area yang dilarang, tidak membawa hewan peliharaan, dan tidak membuat keributan. Pengunjung harus menghormati aturan tersebut demi kenyamanan dan keamanan bersama.
  • Menjaga kebersihan. Pantai ini merupakan salah satu aset wisata alam yang harus dijaga kebersihan dan kelestariannya. Pengunjung harus bertanggung jawab untuk menjaga kebersihan pantai ini dengan tidak membuang sampah sembarangan, tidak merusak lingkungan, dan tidak mengambil apapun dari pantai ini, termasuk pasir, batu, kerang, atau terumbu karang. Pengunjung harus mengembalikan pantai ini dalam keadaan seperti semula.
BACA JUGA  10 Pantai Pasir Putih di Gunung Kidul yang Wajib Dikunjungi

Kesimpulan

Pantai Florida Indah Anyer adalah salah satu destinasi wisata pantai yang wajib dik

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment

Ads - Before Footer