Pantai Watu Lumbung Jogja: Pesona Karang yang Berbentuk Lumbung Padi

Rini Diana Wati

Pantai Watu Lumbung Jogja adalah salah satu destinasi wisata pantai yang terletak di Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Pantai ini masih tergolong baru dan belum banyak dikunjungi oleh wisatawan. Namun, pantai ini menawarkan keindahan alam yang eksotis dan unik, yaitu formasi karang yang berbentuk seperti lumbung padi. Karang ini menjadi ikon dan daya tarik utama pantai ini.

Lokasi dan Akses

Pantai Watu Lumbung Jogja berjarak sekitar 90 km dari pusat kota Yogyakarta, dan dapat ditempuh dengan waktu sekitar 2 jam berkendara. Ada dua rute yang dapat dipilih untuk menuju ke pantai ini. Rute pertama adalah melewati Wonosari, kemudian menuju ke Balong, dan berlanjut ke Pantai Watu Lumbung. Rute kedua adalah melewati Imogiri, kemudian menuju ke Pantai Siung, dan berlanjut ke Pantai Watu Lumbung.

Setelah sampai di TPR Pantai Wediombo, pengunjung harus berbelok ke kanan dan melewati ladang warga hingga sampai di ujung jalan. Di sana, pengunjung dapat memarkirkan kendaraannya dan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki menuruni bukit menuju ke pantai. Ada juga pilihan untuk naik ojek dengan tarif Rp. 5.000 untuk turun dan Rp. 10.000 untuk naik.

Keindahan dan Aktivitas

Pantai Watu Lumbung Jogja memiliki pemandangan yang menakjubkan, yaitu hamparan karang yang membentuk pola-pola geometris. Karang ini berwarna putih, abu-abu, dan coklat, yang kontras dengan birunya laut dan langit. Di antara karang-karang ini, ada satu karang yang paling menonjol, yaitu karang yang berbentuk seperti lumbung padi. Karang ini memiliki lubang di tengahnya, yang dapat digunakan sebagai latar belakang untuk berfoto.

BACA JUGA  Pesona Tersembunyi di Selatan Jawa: Pantai Gunung Kidul

Selain karang yang berbentuk lumbung padi, ada juga karang lain yang berbentuk seperti kubah mesjid. Karang ini terletak di sebelah barat pantai, dan dapat dilihat jika pengunjung menyeberang ke batu yang berbentuk lumbung padi. Karang ini juga menjadi spot foto yang menarik, terutama saat matahari terbenam.

Pantai Watu Lumbung Jogja tidak memiliki pasir putih yang lembut, melainkan hanya karang yang tajam. Oleh karena itu, pengunjung harus berhati-hati saat berjalan di atas karang, dan sebaiknya menggunakan alas kaki yang nyaman. Pantai ini juga tidak cocok untuk berenang, karena ombaknya yang besar dan berbahaya. Aktivitas yang dapat dilakukan di pantai ini adalah bersantai, menikmati pemandangan, berfoto, dan menjelajahi karang.

Fasilitas dan Tiket Masuk

Pantai Watu Lumbung Jogja masih tergolong alami dan belum banyak tersentuh oleh pembangunan. Oleh karena itu, fasilitas yang tersedia di pantai ini masih sangat terbatas. Pengunjung tidak akan menemukan warung makan, toilet, kamar mandi, atau tempat sampah di pantai ini. Pengunjung harus membawa makanan dan minuman sendiri, serta membawa kembali sampah yang dihasilkan. Pengunjung juga harus menjaga kebersihan dan kelestarian pantai ini.

Tiket masuk ke Pantai Watu Lumbung Jogja adalah Rp. 15.000 per orang, yang sudah termasuk tiket masuk ke Pantai Wediombo. Tiket ini berlaku untuk satu kali kunjungan, dan tidak dapat digunakan untuk masuk ke pantai lain yang berdekatan, seperti Pantai Siung, Pantai Jungwok, atau Pantai Greweng.

Kesimpulan

Pantai Watu Lumbung Jogja adalah salah satu pantai yang memiliki keunikan dan keindahan tersendiri. Pantai ini menawarkan formasi karang yang berbentuk seperti lumbung padi, yang menjadi ikon dan daya tarik utama pantai ini. Pantai ini cocok untuk pengunjung yang mencari tempat wisata yang masih alami, sepi, dan eksotis. Namun, pantai ini juga memiliki tantangan tersendiri, yaitu akses jalan yang masih sulit, fasilitas yang masih minim, dan ombak yang berbahaya. Pengunjung harus mempersiapkan diri dengan baik, dan menghormati alam yang ada di pantai ini.

BACA JUGA  Mengapa Rumah di Daerah Pantai Beratap Tinggi

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment

Ads - Before Footer