Manfaat Luar Biasa Lo Han Kuo untuk Kesehatan Anda

Hendry Juanda

Lo Han Kuo, atau yang dikenal juga dengan nama ilmiah Siraitia grosvenorii, adalah buah yang berasal dari Tiongkok Selatan dan telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional. Buah ini memiliki rasa yang sangat manis, namun yang menarik adalah, manisnya buah ini tidak berasal dari gula, melainkan dari senyawa alami bernama mogrosida. Berikut adalah manfaat-manfaat kesehatan dari Lo Han Kuo yang perlu Anda ketahui:

1. Mengontrol Kadar Gula Darah

Lo Han Kuo adalah pilihan yang sempurna bagi mereka yang ingin menikmati rasa manis tanpa meningkatkan kadar gula darah. Ini karena mogrosida yang terkandung di dalamnya tidak akan meningkatkan gula darah, sehingga aman bagi penderita diabetes.

2. Meredakan Radang Tenggorokan

Minuman panas yang terbuat dari Lo Han Kuo telah lama digunakan untuk meredakan radang tenggorokan dan mengurangi produksi dahak. Ini berkat sifat antiradang dari mogrosida.

3. Menangkal Radikal Bebas

Lo Han Kuo juga kaya akan antioksidan yang dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, yang dapat menyebabkan berbagai penyakit kronis.

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

Bagi mereka yang sedang menjalankan program diet, Lo Han Kuo bisa menjadi pilihan pemanis yang ideal karena rendah kalori dan tidak mengandung lemak.

5. Membantu Mencegah Kanker

Penelitian menunjukkan bahwa mogrosida dalam Lo Han Kuo dapat membunuh sel kanker dan menekan pertumbuhannya. Namun, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk memastikan manfaat ini.

Lo Han Kuo sering ditemukan di pasaran dalam bentuk yang sudah dikeringkan, teh, atau bubuk pemanis. Ketika membeli, pastikan untuk memilih produk yang bebas dari gula tambahan. Anda bisa menggunakan pemanis Lo Han Kuo pada kopi, teh, salad, yogurt, atau masakan lainnya, layaknya menggunakan gula pasir.

BACA JUGA  Oleh-Oleh Khas Bali: Kelezatan yang Memikat

Untuk informasi lebih lanjut tentang manfaat Lo Han Kuo, Anda dapat mengunjungi sumber terpercaya seperti Alodokter.

Catatan: Sebagian orang mungkin merasakan bahwa pemanis Lo Han Kuo meninggalkan rasa di lidah, tetapi sebagian lainnya mengatakan rasa Lo Han Kuo tidak beda jauh dengan gula.

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment

Ads - Before Footer