Kereta Senja Utama YK: Perjalanan Ekonomis Menuju Yogyakarta

Hendry Juanda

Kereta Senja Utama YK merupakan salah satu pilihan transportasi yang ekonomis dan nyaman bagi para pelancong yang ingin menikmati perjalanan menuju kota Yogyakarta. Dengan layanan yang telah mengalami transformasi menjadi New Economy Plus, kereta ini menawarkan pengalaman perjalanan yang tidak kalah dari kelas eksekutif.

Sejarah dan Layanan Kereta Senja Utama YK

Kereta Senja Utama YK, yang juga dikenal sebagai Sepur Senja Utama Ngayogyakarta, adalah kereta AC kelas bisnis yang melayani rute Yogyakarta-Jakarta. Kereta ini berada di bawah manajemen Daerah Operasi 6 Yogyakarta dan menghubungkan dua kota besar melalui koridor Stasiun Tugu Yogyakarta dan Stasiun Pasar Senen Jakarta.

Jadwal dan Rute

Kereta ini hanya menyediakan satu perjalanan setiap hari yang dijadwalkan pada waktu senja, baik untuk keberangkatan maupun kedatangan. Dari Jakarta, kereta berangkat pukul 19.00 dan tiba di Yogyakarta pada pukul 03.30. Sebaliknya, keberangkatan dari Yogyakarta dijadwalkan pukul 17.45 dan tiba di Jakarta pada pukul 02.05.

Harga Tiket

Harga tiket KA Senja Utama YK bervariasi tergantung pada hari dan kelas yang dipilih. Untuk hari biasa dari Senin hingga Kamis, kelas ekonomi berkisar antara 275.000 – 350.000 rupiah, sementara kelas eksekutif berkisar antara 390.000-550.000 rupiah. Pada akhir pekan dan hari libur, harga tiket cenderung lebih tinggi.

Transformasi Menjadi New Economy Plus

Pada tanggal 28 September 2016, KA Senja Utama Yogyakarta mengalami transformasi menjadi New Economy Plus. Perubahan ini meningkatkan citra kelas Ekonomi menjadi lebih bergengsi, setara dengan kelas Eksekutif. Transformasi ini mencakup peningkatan fasilitas di dalam gerbong, seperti desain kursi yang lebih mewah dan kenyamanan yang lebih baik.

BACA JUGA  Misteri Rumah Hantu Darmo: Kisah Seram di Balik Dinding-Dinding Tua

Kesimpulan

KA Senja Utama YK menawarkan alternatif perjalanan yang terjangkau dengan kenyamanan yang optimal. Transformasi menjadi New Economy Plus telah meningkatkan standar layanan, menjadikannya pilihan yang menarik bagi para penumpang yang menginginkan perjalanan ekonomis namun tetap nyaman menuju kota budaya Yogyakarta.

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment

Ads - Before Footer