Kelezatan Tradisional dari Palembang: Empek-Empek

Hendry Juanda

Empek-empek, yang juga dikenal sebagai pempek, adalah salah satu hidangan khas Palembang yang terkenal akan kelezatannya. Hidangan ini terbuat dari ikan yang digiling halus dan dicampur dengan tepung tapioka atau sagu, memberikan tekstur yang kenyal dan rasa yang unik.

Asal Usul Empek-Empek

Kisah empek-empek dimulai dari seorang warga Palembang yang ingin menciptakan cara baru untuk menikmati ikan. Daripada menggoreng atau memanggang, ikan digiling dan dicampur dengan tepung tapioka, kemudian digoreng hingga renyah. Hidangan ini kemudian dijual keliling kota dengan sepeda, dan seiring waktu, empek-empek menjadi camilan yang dihargai dan diakui sebagai salah satu kekayaan kuliner Indonesia.

Bahan-Bahan Dasar

Bahan-bahan dasar untuk membuat empek-empek cukup sederhana:

  • Ikan tenggiri giling
  • Tepung sagu atau tepung tapioka
  • Garam
  • Air

Ikan tenggiri adalah pilihan utama karena tekstur dan rasanya yang cocok untuk empek-empek, namun ikan lain seperti ikan gabus juga dapat digunakan. Campuran ikan dan tepung ini kemudian dapat dibentuk menjadi berbagai macam bentuk tradisional, seperti lenjer, kapal selam, dan lain-lain.

Cara Pembuatan

Proses pembuatan empek-empek melibatkan beberapa langkah:

  1. Penggilingan Ikan: Ikan tenggiri yang telah dibersihkan digiling hingga halus.
  2. Pencampuran Bahan: Ikan giling dicampur dengan tepung tapioka, garam, dan air hingga terbentuk adonan yang kalis.
  3. Pembentukan: Adonan kemudian dibentuk sesuai dengan variasi empek-empek yang diinginkan.
  4. Pengukusan: Setelah dibentuk, empek-empek dikukus hingga matang.
  5. Penggorengan: Sebelum disajikan, empek-empek digoreng dalam minyak panas hingga permukaannya menjadi renyah.

Sajian Tradisional

Empek-empek biasanya disajikan dengan cuko, saus tradisional yang terbuat dari gula merah, cabai, bawang putih, cuka, dan garam. Saus ini memberikan rasa manis dan asam yang khas, yang melengkapi rasa gurih dari empek-empek. Tak jarang, empek-empek juga disajikan bersama timun, mie, atau nasi untuk menambah kekayaan rasa dan tekstur.

BACA JUGA  Cara Membuat Seblak Instan

Kesimpulan

Empek-empek tidak hanya sekedar makanan, tetapi juga cerminan dari kekayaan budaya dan tradisi kuliner Indonesia. Dengan bahan-bahan sederhana dan cara pembuatan yang unik, empek-empek telah menjadi salah satu ikon kuliner yang membanggakan bagi Indonesia, khususnya Palembang.

: TasteAtlas
: Indofood
: CookSifu

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment

Ads - Before Footer