Kelezatan Autentik Ketan Bumbu Nyonya Lani

Rini Diana Wati

Ketan bumbu adalah salah satu jajanan tradisional yang populer di Indonesia, khususnya di daerah Cirebon. Dikenal dengan keunikannya, ketan bumbu Nyonya Lani menawarkan pengalaman rasa yang berbeda dan menggugah selera. Berikut adalah ulasan mendetail tentang keistimewaan kuliner ini.

Asal-Usul Ketan Bumbu Cirebon

Ketan bumbu Cirebon merupakan variasi dari makanan tradisional yang terbuat dari ketan, atau beras ketan yang telah dikukus. Yang membedakan ketan bumbu Cirebon dengan ketan pada umumnya adalah tambahan topping serundeng yang dicampur dengan udang, memberikan citarasa asin gurih yang khas.

Rumah Kue Nyonya Lani: Warisan Kuliner Cirebon

Rumah Kue Nyonya Lani, yang terletak di Jawa Barat, telah lama dikenal sebagai salah satu produsen ketan bumbu terbaik di Cirebon. Dengan resep tradisional yang diwariskan turun-temurun, Nyonya Lani berhasil menciptakan ketan bumbu dengan rasa yang otentik dan memikat banyak pengunjung.

Proses Pembuatan yang Unik

Salah satu keunikan ketan bumbu dari Nyonya Lani adalah penggunaan kelapa yang tidak terlalu tua dan tidak terlalu muda untuk membuat serundengnya. Kelapa ini disangrai menggunakan arang, sehingga menghasilkan aroma yang unik dan menambah keistimewaan rasa dari ketan bumbu ini.

Variasi dan Cara Penyajian

Ketan bumbu Nyonya Lani disajikan tanpa isian, berbeda dengan lemper yang biasanya memiliki isi daging. Topping serundeng yang gurih menjadi ciri khas yang membedakannya. Ketan bumbu ini bisa dinikmati sebagai cemilan di waktu santai atau sebagai oleh-oleh khas bagi para wisatawan.

Kesimpulan

Ketan bumbu Nyonya Lani adalah contoh sempurna dari kekayaan kuliner Indonesia. Dengan proses pembuatan yang masih mempertahankan metode tradisional dan rasa yang khas, ketan bumbu ini layak untuk dicoba oleh siapa saja yang berkunjung ke Cirebon atau bagi Anda yang ingin mencicipi keunikan kuliner Nusantara.

BACA JUGA  Ready to Drink: Kemudahan dan Kepraktisan dalam Satu Tegukan

Untuk informasi lebih lanjut atau untuk mencoba ketan bumbu Nyonya Lani, Anda bisa mengunjungi Rumah Kue Nyonya Lani di Cirebon atau mencari produknya secara online.

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment

Ads - Before Footer