Daftar Nama Pantai di Gunungkidul yang Wajib Dikunjungi

Rini Diana Wati

Gunungkidul adalah salah satu kabupaten di Yogyakarta yang terkenal dengan keindahan pantainya. Ada puluhan pantai yang tersebar di sepanjang pesisir selatan Gunungkidul, yang menawarkan pesona alam yang beragam. Mulai dari pantai berpasir putih, pantai berbatu karang, pantai dengan tebing tinggi, hingga pantai dengan air terjun. Tidak heran, banyak wisatawan yang tertarik untuk menjelajahi pantai-pantai di Gunungkidul.

Namun, dengan banyaknya pilihan pantai, mungkin Anda bingung harus mengunjungi pantai mana saja. Untuk itu, kami telah merangkum daftar nama pantai di Gunungkidul yang wajib dikunjungi, beserta alasan dan informasi singkatnya. Simak ulasan berikut ini:

1. Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti adalah salah satu pantai paling populer di Gunungkidul. Pantai ini menawarkan pemandangan pantai berpasir putih dengan air laut yang jernih dan biru. Anda bisa berenang, berjemur, atau bermain pasir di pantai ini. Selain itu, pantai ini juga memiliki fasilitas yang lengkap, seperti restoran, cafe, penginapan, hingga gazebo. Anda bisa menikmati suasana pantai sambil makan, minum, atau bermalam di sini. Pantai Indrayanti juga cocok untuk menikmati sunset atau sunrise yang indah.

Pantai Indrayanti berada di Dusun Sidoharjo, Desa Tepus, Kecamatan Tepus. Untuk masuk ke pantai ini, Anda harus membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000 per orang dan parkir sebesar Rp 5.000 per motor atau Rp 10.000 per mobil.

2. Pantai Siung

Pantai Siung adalah surga bagi para pecinta panjat tebing. Pantai ini memiliki tebing karang yang tinggi dan kokoh, dengan lebih dari 250 jalur panjat tebing yang bisa dipilih. Anda bisa menantang adrenalin Anda dengan memanjat tebing yang memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Jika Anda tidak ingin memanjat tebing, Anda bisa menikmati pemandangan pantai yang eksotis, dengan pasir putih, ombak besar, dan batu karang yang menyerupai gigi kera. Anda juga bisa berkemah di camping ground yang tersedia di pantai ini.

BACA JUGA  8 Pantai Terkenal di Indonesia yang Wajib Dikunjungi

Pantai Siung berada di Dusun Wates, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus. Untuk masuk ke pantai ini, Anda harus membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000 per orang dan parkir sebesar Rp 5.000 per motor atau Rp 10.000 per mobil.

3. Pantai Baron

Pantai Baron adalah pantai yang unik, karena merupakan pertemuan antara air laut dan air tawar. Pantai ini memiliki sebuah muara sungai yang mengalir ke laut, sehingga menciptakan dua warna air yang berbeda. Anda bisa melihat perbedaan warna air yang hijau dan biru di pantai ini. Anda juga bisa menikmati kegiatan seperti berenang, bermain perahu, atau memancing di pantai ini. Selain itu, pantai ini juga terkenal dengan kisah si bule sakti, yaitu seorang pelaut Belanda yang terdampar dan menjadi raja di sini.

Pantai Baron berada di Dusun Kemadang, Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari. Untuk masuk ke pantai ini, Anda harus membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000 per orang dan parkir sebesar Rp 5.000 per motor atau Rp 10.000 per mobil.

4. Pantai Drini

Pantai Drini adalah pantai yang memiliki karakter ganda. Pantai ini terbagi menjadi dua bagian oleh sebuah pulau karang di tengahnya. Bagian timur pantai ini memiliki air yang tenang dan jernih, cocok untuk berenang atau snorkeling. Bagian barat pantai ini memiliki air yang bergelombang dan berwarna biru tua, cocok untuk berselancar atau menikmati deburan ombak. Anda bisa memilih bagian pantai yang sesuai dengan selera Anda. Anda juga bisa menyeberang ke pulau karang yang ada di tengah pantai, dengan berjalan kaki saat air surut atau menyewa perahu saat air pasang.

Pantai Drini berada di Dusun Ngestirejo, Desa Tepus, Kecamatan Tepus. Untuk masuk ke pantai ini, Anda harus membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000 per orang dan parkir sebesar Rp 5.000 per motor atau Rp 10.000 per mobil.

BACA JUGA  10 Pantai Terkenal di Jogja yang Wajib Dikunjungi

5. Pantai Ngobaran

Pantai Ngobaran adalah pantai yang kaya akan budaya. Pantai ini memiliki beberapa bangunan yang menarik, seperti pura, masjid, dan candi. Anda bisa melihat keberagaman agama dan kebudayaan yang ada di pantai ini. Selain itu, pantai ini juga memiliki keindahan alam yang menawan, dengan pasir putih, batu karang, dan ombak yang berpadu harmonis. Anda juga bisa mencicipi kuliner khas pantai ini, yaitu landak laut goreng, yang dijual oleh pedagang di sekitar pantai.

Pantai Ngobaran berada di Dusun Kanigoro, Desa Saptosari, Kecamatan Saptosari. Untuk masuk ke pantai ini, Anda harus membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000 per orang dan parkir sebesar Rp 5.000 per motor atau Rp 10.000 per mobil.

6. Pantai Jogan

Pantai Jogan adalah pantai yang memiliki air terjun yang langsung jatuh ke laut. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 10 meter, dan debit airnya tergantung pada musim. Anda bisa melihat pemandangan yang spektakuler dari air terjun ini, yang mengalir di antara tebing karang yang curam. Anda juga bisa mandi di bawah air terjun ini, atau bermain di pantai yang berpasir putih. Namun, Anda harus berhati-hati, karena ombak di pantai ini cukup besar dan berbahaya.

Pantai Jogan berada di Dusun Tepus, Desa Tepus, Kecamatan Tepus. Untuk masuk ke pantai ini, Anda harus membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000 per orang dan parkir sebesar Rp 5.000 per motor atau Rp 10.000 per mobil.

7. Pantai Nglambor

Pantai Nglambor adalah pantai yang ideal untuk snorkeling. Pantai ini memiliki dasar laut yang indah, dengan berbagai macam ikan dan terumbu karang yang bisa Anda lihat dengan jelas. Anda bisa menyewa alat snorkeling di pantai ini, atau membawa alat snorkeling sendiri. Anda juga bisa berenang di pantai ini, karena airnya tenang dan tidak berombak. Hal ini karena pantai ini dilindungi oleh dua buah batu karang besar yang menyerupai kura-kura raksasa, yang menjadi ciri khas pantai ini.

BACA JUGA  Pantai-Pantai Menawan di Anyer: Sebuah Permata Tersembunyi

Pantai Nglambor berada di Dusun Kemadang, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus. Untuk masuk ke pantai ini, Anda harus membayar tiket masuk sebesar Rp 15.000 per orang dan parkir sebesar Rp 5.000 per motor atau Rp 10.000 per mobil.

Itulah daftar nama pantai di Gunungkidul yang wajib dikunjungi. Semoga artikel ini bermanfaat dan menginspirasi Anda untuk berlibur ke pantai-pantai di Gunungkidul. Selamat berwisata! ๐Ÿ˜Š

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment

Ads - Before Footer