Ayam Goreng Kalasan: Kelezatan Tradisional yang Mendunia

Hendry Juanda

Ayam Goreng Kalasan adalah salah satu kuliner tradisional Indonesia yang berasal dari daerah Kalasan, Yogyakarta. Dengan cita rasa yang khas dan proses pembuatan yang unik, Ayam Goreng Kalasan telah menjadi favorit banyak orang dan dikenal hingga ke mancanegara.

Sejarah dan Asal Usul

Ayam Goreng Kalasan pertama kali diperkenalkan oleh Mbok Berek pada tahun 1952. Resep tradisional ini berasal dari Dusun Bendan, Desa Tirtomartani, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Presiden pertama RI, Soekarno, diketahui pernah mencicipi kelezatan ayam goreng ini, yang semakin menambah popularitasnya[1].

Proses Pembuatan

Proses pembuatan Ayam Goreng Kalasan melibatkan perendaman daging ayam dalam bumbu rempah khas selama beberapa jam, yang membuat cita rasanya meresap hingga ke tulang. Penggorengan dilakukan dengan minyak yang tepat untuk menghasilkan kulit ayam yang renyah namun tetap menjaga kelembutan dagingnya[2].

Bumbu dan Rasa Khas

Bumbu rempah yang digunakan terdiri dari aneka rempah-rempah tradisional seperti ketumbar, kunyit, lengkuas, dan gula Jawa. Rasa manis gurih yang khas menjadi daya tarik utama dari Ayam Goreng Kalasan[2].

Perkembangan dan Penerimaan

Kampung Wisata Kuliner Ayam Goreng Kalasan di Yogyakarta ramai dikunjungi wisatawan, terutama saat Lebaran. Hampir seluruh pengrajin di sana banjir pesanan, dengan produsen ayam goreng bisa menggoreng hingga 25 ekor ayam dalam sehari, dan pada saat Lebaran bisa memotong ayam lebih dari 100 ekor[1].

Tabel Produksi Ayam Goreng Kalasan

Produsen Pesanan Harian Biasa Pesanan Lebaran
Tanti Aidawati 35-50 ekor ~100 ekor
Ny Endang 100-200 ekor
Wiyono 100-200 ekor
BACA JUGA  Plastik Kemasan Ayam Potong: Inovasi dan Tantangan Terkini

Data di atas menunjukkan betapa tingginya permintaan untuk Ayam Goreng Kalasan, terutama saat momen-momen tertentu seperti Lebaran[1].

Kesimpulan

Ayam Goreng Kalasan tidak hanya sekedar makanan, tetapi juga warisan budaya yang kaya akan sejarah dan tradisi. Keunikan dan kelezatan Ayam Goreng Kalasan telah membuatnya menjadi salah satu ikon kuliner Indonesia yang patut dibanggakan.

Untuk informasi lebih lanjut tentang resep dan cara membuat Ayam Goreng Kalasan, Anda bisa mengunjungi tautan berikut[3][4][5].

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment

Ads - Before Footer