6 Pantai Cantik di Banda Aceh yang Wajib Dikunjungi

Rini Diana Wati

Banda Aceh merupakan kota yang memiliki banyak pesona wisata, terutama pantai yang indah dan menawan. Kota yang dijuluki Serambi Mekah ini berhasil bangkit dari bencana tsunami dan kini menawarkan berbagai destinasi pantai yang sayang untuk dilewatkan. Berikut adalah enam rekomendasi pantai cantik di Banda Aceh yang wajib dikunjungi.

1. Pantai Ulee Lheue

Pantai Ulee Lheue terletak di Gampong Ulee Lheue, Kecamatan Meuraksa, Kota Banda Aceh. Pantai ini masuk ke dalam 50 besar Anugerah Desa Wisata yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tahun 2022. Pantai ini memiliki pemandangan tepi pantai yang indah dan cocok untuk menikmati matahari terbenam. Wisatawan juga dapat menikmati wisata air memakai boat atau perahu bebek yang disediakan oleh Dinas Pariwisata Kota Banda Aceh. Pantai Ulee Lheue juga merupakan jalan utama menuju pelabuhan satu-satunya yang menjadi penghubung ke Pulau Weh, Sabang.

2. Pantai Lampuuk

Pantai Lampuuk merupakan salah satu pantai terbaik dan populer di Aceh. Pantai ini sempat mengalami kerusakan parah akibat bencana tsunami, tetapi kini kian cantik setelah mendapatkan perbaikan. Pantai ini menawarkan pesona pesisir yang cantik dan lengkungan garis pantai yang eksotis, ditambah pemandangan alam sekitar yang indah. Pantai ini juga memiliki perpaduan air biru yang jernih, pasir putih, dan tebing karang di ujung pantai serta pepohonan yang tumbuh alami. Pantai Lampuuk dijuluki sebagai Pantai Kuta di Aceh.

3. Pantai Lhok Mata Ie

Pantai Lhok Mata Ie terletak di Desa Lamreh, Kecamatan Mesjid Raya, Kabupaten Aceh Besar. Pantai ini memiliki pasir putih yang halus dan air laut yang biru. Pantai ini juga dikelilingi oleh bukit-bukit hijau yang menambah keindahan alamnya. Pantai ini cocok untuk bersantai, berenang, atau bermain pasir. Pantai ini juga memiliki spot foto yang menarik, yaitu sebuah batu besar yang berbentuk seperti kepala gajah.

BACA JUGA  Pesona Pantai Parangtritis

4. Pantai Lhoknga

Pantai Lhoknga terletak di Desa Lhoknga, Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar. Pantai ini merupakan surga bagi para pecinta olahraga air, terutama selancar. Pantai ini memiliki ombak yang besar dan kuat yang cocok untuk berselancar. Pantai ini juga memiliki pemandangan alam yang memesona, yaitu hamparan pasir putih, air laut yang biru, dan latar belakang pegunungan yang hijau. Pantai ini juga menyediakan fasilitas seperti penyewaan papan selancar, penginapan, dan warung makan.

5. Pantai Alue Naga

Pantai Alue Naga terletak di Desa Blang Cut, Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar. Pantai ini memiliki nama yang unik, yaitu Alue Naga, yang berarti sungai naga. Nama ini diambil dari sebuah sungai yang mengalir ke laut di pantai ini. Pantai ini memiliki pasir putih yang bersih dan air laut yang jernih. Pantai ini juga memiliki pemandangan alam yang indah, yaitu hutan mangrove, bukit-bukit, dan pulau-pulau kecil di sekitarnya. Pantai ini cocok untuk berbagai aktivitas, seperti berenang, memancing, berkemah, atau berkeliling dengan perahu.

6. Pantai Kuala Gampong Jawa

Pantai Kuala Gampong Jawa terletak di Desa Gampong Jawa, Kecamatan Kuta Alam, Kota Banda Aceh. Pantai ini merupakan salah satu pantai yang terdekat dengan pusat kota Banda Aceh, yaitu hanya berjarak sekitar 5 kilometer. Pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dan air laut yang tenang. Pantai ini juga memiliki pemandangan alam yang menawan, yaitu deretan pohon kelapa, perahu-perahu nelayan, dan jembatan kayu yang menghubungkan pantai dengan pulau kecil di depannya. Pantai ini cocok untuk bersantai, bermain pasir, atau berfoto.

Itulah enam rekomendasi pantai cantik di Banda Aceh yang wajib dikunjungi. Semoga artikel ini bermanfaat dan menginspirasi Anda untuk berwisata ke Banda Aceh. Selamat berlibur! ๐Ÿ˜Š

BACA JUGA  Pantai-Pantai Menawan di Anyer: Sebuah Permata Tersembunyi

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment

Ads - Before Footer