10 Pantai Terkenal di Jogja yang Wajib Dikunjungi

Rini Diana Wati

Jogja, atau Yogyakarta, adalah salah satu destinasi wisata favorit di Indonesia. Selain terkenal dengan budaya dan sejarahnya yang kaya, Jogja juga memiliki banyak pantai menawan yang terbentang di pesisir selatan. Jajaran pantai di Jogja menawarkan berbagai pesona, mulai dari pasir putih yang lembut, air laut yang biru, tebing karang yang eksotis, hingga aktivitas seru seperti sandboarding, snorkeling, naik delman, dan ATV. Berikut adalah 10 pantai terkenal di Jogja yang wajib dikunjungi.

1. Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis adalah pantai yang paling familiar di kalangan wisatawan. Pantai ini hanya berjarak sekitar 26 km dari Malioboro, dengan estimasi waktu tempuh sekitar 52 menit. Pantai Parangtritis dikelilingi tebing batu karang dan gunung-gunung pasir yang disebut gumuk. Wisatawan yang berkunjung bisa menyewa ATV atau menaiki delman sepanjang pinggiran pantai. Pantai Parangtritis juga terkenal dengan pemandangan sunset yang romantis.

2. Pantai Parangkusumo

Tak jauh dari Pantai Parangtritis, ada Pantai Parangkusumo. Pantai ini tidak asing lagi di telinga para wisatawan. Pantai Parangkusumo merupakan salah satu pantai di kawasan Parangtritis yang dipandang keramat. Masyarakat sekitar mempercayai bahwa Pantai Parangkusumo sebagai gerbang utama menuju keraton gaib laut selatan yang merupakan kerajaan Ratu Laut Kidul penguasa Laut Selatan. Karenanya, Pantai Parangkusumo kerap dijadikan sebagai lokasi upacara tradisional labuhan yakni melarung barang persembahan alias uba rampe ke laut. Pantai Parangkusumo ini dikelilingi gumuk pasir yang hanya ada tiga di Asia Tenggara, selain di Filipina dan Vietnam.

BACA JUGA  Wisata Pantai di Jawa Tengah

3. Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti adalah salah satu pantai yang menawarkan pesona pantai berpasir putih dengan air laut yang jernih. Pantai ini terletak di Gunung Kidul, sekitar 70 km dari pusat kota Jogja, dengan waktu tempuh sekitar 2 jam. Selain menikmati keindahan alam, wisatawan juga bisa menikmati sensasi dinner romantis bertabur bintang di restoran yang terletak di tepi pantai. Pantai Indrayanti juga cocok untuk berenang, berjemur, atau bermain pasir.

4. Pantai Sadranan

Pantai Sadranan adalah surga baru untuk menyelami keindahan bawah laut. Pantai ini juga terletak di Gunung Kidul, sekitar 65 km dari pusat kota Jogja, dengan waktu tempuh sekitar 1 jam 45 menit. Pantai Sadranan memiliki pasir putih yang halus dan air laut yang bening. Di bawah permukaannya, terdapat terumbu karang yang berwarna-warni dan berbagai jenis ikan yang cantik. Wisatawan bisa menyewa peralatan snorkeling di pantai ini dengan harga terjangkau.

5. Pantai Baron

Pantai Baron adalah pantai yang unik karena memiliki muara sungai yang bermuara ke laut. Pantai ini juga terletak di Gunung Kidul, sekitar 60 km dari pusat kota Jogja, dengan waktu tempuh sekitar 1 jam 30 menit. Pantai Baron memiliki pasir cokelat yang kontras dengan air laut yang biru. Di pantai ini, wisatawan bisa menikmati pemandangan alam yang asri, mencicipi kuliner laut yang segar, atau naik perahu ke pantai-pantai lain di sekitarnya. Pantai Baron juga memiliki kisah unik, yaitu tentang bule sakti yang terdampar di pantai ini dan membangun mercusuar yang tinggi.

6. Pantai Drini

Pantai Drini adalah pantai yang tenang dengan pulau karang. Pantai ini juga terletak di Gunung Kidul, sekitar 65 km dari pusat kota Jogja, dengan waktu tempuh sekitar 1 jam 45 menit. Pantai Drini memiliki pasir putih yang bersih dan air laut yang jernih. Di tengah pantai, terdapat sebuah pulau karang yang membelah pantai menjadi dua bagian dengan karakter bertolak belakang. Sisi timur yang tenang dan bagian barat yang garang, membuat Pantai Drini menjadi sebuah pantai berkarakter ganda.

BACA JUGA  Pesona Tersembunyi Jogja: Keindahan Alam di Luar Pantai

7. Pantai Nglambor

Pantai Nglambor adalah pantai yang dijaga oleh sepasang kura-kura raksasa. Pantai ini juga terletak di Gunung Kidul, sekitar 70 km dari pusat kota Jogja, dengan waktu tempuh sekitar 2 jam. Pantai Nglambor memiliki pasir putih yang lembut dan air laut yang tenang. Di bawah permukaannya, terdapat akuarium semesta yang menyimpan sejuta pesona. Atas jasa sepasang kura-kura raksasa yang mampu menjinakkan garangnya ombak dari Samudera Hindia, panorama bawah laut di pesisir selatan ini pun bisa diselami keindahannya.

8. Pantai Siung

Pantai Siung adalah pantai yang menantang para pecinta panjat tebing. Pantai ini juga terletak di Gunung Kidul, sekitar 75 km dari pusat kota Jogja, dengan waktu tempuh sekitar 2 jam 15 menit. Pantai Siung memiliki pasir hitam yang luas dan air laut yang biru. Di sisi pantai, terdapat tebing-tebing yang berada di sisi Pantai Siung. Ada lebih dari 200 jalur pemanjatan pada rangkaian tebing di pantai ini menunggu untuk ditaklukkan. Pantai Siung juga menawarkan pemandangan alam yang indah, terutama saat matahari terbenam.

9. Pantai Jogan

Pantai Jogan adalah pantai yang memiliki air terjun yang langsung jatuh ke laut. Pantai ini juga terletak di Gunung Kidul, sekitar 75 km dari pusat kota Jogja, dengan waktu tempuh sekitar 2 jam 15 menit. Pantai Jogan memiliki pasir putih yang bersih dan air laut yang biru. Di tengah pantai, terdapat sebuah air terjun yang berasal dari Sungai Tiu. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 10 meter dan debit air yang cukup deras. Wisatawan bisa menikmati keindahan air terjun ini dari atas atau dari bawah.

10. Pantai Krakal

Pantai Krakal adalah pantai yang memiliki pasir putih yang panjang dan lebar. Pantai ini juga terletak di Gunung Kidul, sekitar 70 km dari pusat kota Jogja, dengan waktu tempuh sekitar 2 jam. Pantai Krakal memiliki pasir putih yang halus dan air laut yang biru. Di sepanjang pantai, terdapat pohon-pohon cemara yang rindang. Wisatawan bisa berjalan-jalan di pinggir pantai, bermain ombak, atau bersantai di bawah pohon. Pantai Krakal juga memiliki ombak yang cukup besar, sehingga cocok untuk berselancar.

BACA JUGA  Pantai-Pantai Memukau yang Menghiasi Dunia

Itulah 10 pantai terkenal di Jogja yang wajib dikunjungi. Semoga artikel ini bermanfaat dan menginspirasi Anda untuk berlibur ke Jogja. Selamat berwisata! ๐Ÿ˜Š

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment

Ads - Before Footer