5 Kuliner Khas Padang yang Wajib Dicoba

Rini Diana Wati

Padang adalah kota yang terkenal dengan kekayaan kuliner dan budayanya. Kota ini memiliki berbagai macam makanan khas yang lezat, unik, dan menggugah selera. Jika Anda berkunjung ke Padang, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi lima kuliner khas berikut ini:

1. Rendang

Rendang adalah salah satu makanan khas Padang yang paling populer dan terkenal di dunia. Rendang adalah masakan daging sapi yang dimasak dengan santan dan rempah-rempah seperti kunyit, jahe, bawang merah, bawang putih, cabai, dan lain-lain. Proses memasaknya membutuhkan waktu yang lama, sehingga daging menjadi empuk dan bumbu meresap ke dalamnya. Rendang memiliki rasa yang gurih, pedas, dan harum. Rendang biasanya disajikan dengan nasi putih, lalapan, dan sambal.

2. Sate Padang

Sate Padang adalah makanan khas Padang yang terbuat dari daging sapi, usus, atau lidah yang ditusuk dengan tusukan bambu dan dibakar di atas arang. Sate Padang disajikan dengan kuah kental berwarna kuning yang terbuat dari bumbu kacang, tepung beras, dan rempah-rempah. Kuah sate Padang memiliki rasa yang gurih, asam, dan pedas. Sate Padang biasanya disantap dengan ketupat, lontong, atau nasi.

3. Gulai Itiak Lado Mudo

Gulai Itiak Lado Mudo adalah makanan khas Bukittinggi yang terbuat dari daging itik yang dilumuri dengan bumbu cabe hijau. Gulai Itiak Lado Mudo memiliki rasa yang super pedas dan cocok untuk menghangatkan tubuh di daerah yang sejuk. Gulai Itiak Lado Mudo biasanya disajikan dengan nasi, sayur, dan kerupuk.

4. Dendeng Balado

Dendeng Balado adalah makanan khas Padang yang terbuat dari daging sapi yang diiris tipis, digoreng kering, dan dicampur dengan bumbu balado. Bumbu balado adalah bumbu yang terbuat dari cabai merah, bawang merah, bawang putih, garam, dan gula. Dendeng Balado memiliki rasa yang gurih, manis, dan pedas. Dendeng Balado biasanya disajikan dengan nasi, lalapan, dan sambal.

BACA JUGA  Kelezatan Sop Iga Bogor: Sebuah Ulasan Kuliner yang Menggugah Selera

5. Nasi Kapau

Nasi Kapau adalah makanan khas Padang yang mirip dengan nasi Padang, namun memiliki perbedaan dalam cara penyajian dan pilihan lauk pauknya. Nasi Kapau disajikan dengan cara diambil sendiri oleh pembeli dari berbagai baskom yang berisi lauk pauk seperti gulai, rendang, sambalado, sayur, dan lain-lain. Nasi Kapau memiliki rasa yang lebih kaya dan bervariasi. Nasi Kapau biasanya disantap di warung-warung kaki lima yang banyak terdapat di daerah Bukittinggi.

Itulah contoh artikel ringkas tentang kuliner terenak di Padang yang saya buat. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba! ๐Ÿ˜Š

: Hasil pencarian web dari kuliner terenak di padang apa menggunakan Bing Search.

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment

Ads - Before Footer