Bumbu Sambal Tumpang Kediri: Tradisi dan Rasa yang Memikat

Rini Diana Wati

Sambal Tumpang adalah salah satu kekayaan kuliner Indonesia yang berasal dari Kediri, Jawa Timur. Dikenal dengan rasa gurih pedasnya yang eksotik, sambal ini menggunakan tempe semangit atau tempe yang telah difermentasi lebih lama dari biasanya sebagai bahan utamanya. Berikut adalah informasi terbaru dan relevan tentang bumbu sambal tumpang Kediri.

Resep dan Cara Pembuatan

Resep Sambal Tumpang Kediri menawarkan pengalaman rasa yang unik dengan kombinasi tempe semangit dan bumbu tradisional. Berikut adalah bahan dan langkah pembuatan sambal tumpang:

Bahan:

  • Tempe semangit
  • Tahu putih
  • Kerupuk kulit
  • Santan kental
  • Bumbu dasar (bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai rawit, ebi)

Langkah Pembuatan:

  1. Rebus tempe, tahu, dan kerupuk kulit hingga lunak.
  2. Rebus bumbu dasar hingga empuk, lalu haluskan bersama ebi.
  3. Rebus santan bersama bumbu halus, daun jeruk, daun salam, dan lengkuas.
  4. Tambahkan tempe dan tahu yang telah dihaluskan, didihkan hingga agak kental.

Nilai Budaya dan Sejarah

Sambal Tumpang tidak hanya sekedar makanan, tetapi juga bagian dari warisan budaya Indonesia. Menurut catatan sejarah, sambal ini telah ada sejak zaman kerajaan Nusantara dan tercatat dalam Serat Centhini yang berasal dari tahun 1814 hingga 1823.

Keberlanjutan dan Ramah Lingkungan

Sambal Tumpang Kediri merupakan contoh kreativitas masyarakat dalam mengolah bahan makanan yang hampir terbuang. Tempe semangit, yang merupakan tempe hampir busuk, diolah menjadi sambal yang lezat dan ramah lingkungan.

Penyajian

Sambal Tumpang biasanya disajikan dengan nasi hangat dan aneka lauk serta sayuran rebus seperti kangkung, bayam, kacang panjang, dan tauge. Penyajiannya sering kali di pagi hari sebagai menu sarapan yang menggugah selera.

BACA JUGA  Kue Cikak: Warisan Kuliner Cirebon yang Memikat

Tips

  • Gunakan santan kelapa segar untuk mendapatkan rasa yang lebih gurih.
  • Tempe semangit bisa dibeli atau didiamkan tempe di suhu ruangan hingga kecokelatan dan agak basah.

Sambal Tumpang Kediri adalah bukti kekayaan kuliner Indonesia yang patut dijaga dan dilestarikan. Dengan rasa yang khas dan proses pembuatan yang unik, sambal ini terus memikat hati para penikmat kuliner, baik di Kediri maupun di seluruh Nusantara.

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment

Ads - Before Footer