Ulang Tahun Kota Bandung: Perayaan Sejarah dan Identitas

Hendry Juanda

Kota Bandung, yang terletak di Jawa Barat, Indonesia, merayakan hari jadinya setiap tanggal 25 September. Tanggal ini dipilih berdasarkan surat keputusan yang menetapkan Bandung sebagai ibu kota baru Kabupaten Bandung pada tahun 1810.

Sejarah Singkat

Kota Bandung tidak didirikan bersamaan dengan pembentukan Kabupaten Bandung. Kabupaten Bandung sendiri dibentuk sekitar pertengahan abad ke-17, dengan Bupati pertama bernama Tumenggung Wirangunangun yang memerintah dari Krapyak, sekarang dikenal sebagai Dayeuhkolot.

Pada masa pemerintahan Bupati ke-6, R.A. Wiranatakusumah II, terjadi perubahan kekuasaan di Nusantara dari VOC ke Pemerintah Hindia Belanda. Gubernur Jenderal pertama, Herman Willem Daendels, membangun Jalan Raya Pos dari Anyer ke Panarukan untuk memudahkan administrasi kolonial. Untuk mendukung pembangunan ini, Daendels meminta pemindahan ibu kota Kabupaten Bandung mendekati Jalan Raya Pos melalui surat tertanggal 25 Mei 1810.

Namun, sebelum surat Daendels, Bupati Bandung sudah merencanakan pemindahan ibu kota ke lokasi yang lebih strategis. Akhirnya, dengan surat keputusan tanggal 25 September 1810, Bandung resmi menjadi ibu kota baru Kabupaten Bandung.

Peringatan Hari Jadi

Peringatan hari jadi Kota Bandung bukan hanya sekedar mengenang tanggal bersejarah, tetapi juga merayakan identitas dan keberagaman budaya yang tumbuh dan berkembang di kota ini. Setiap tahun, berbagai acara dan kegiatan diselenggarakan untuk memeriahkan hari jadi ini, melibatkan warga serta pengunjung dari berbagai daerah.

Kota Bandung, dengan sejarah dan perkembangannya, terus menjadi salah satu kota penting di Indonesia, baik dari segi budaya maupun ekonomi. Perayaan ulang tahunnya merupakan refleksi dari semangat komunitasnya yang dinamis dan inovatif.

: Website Resmi Kota Bandung – Sejarah Kota Bandung.

BACA JUGA  Misteri Malam: Apa yang Terjadi Ketika Kita Tidur?

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment

Ads - Before Footer