Tanaman Hias Pengusir Nyamuk: Solusi Alami untuk Rumah Anda

Rini Diana Wati

Tanaman hias tidak hanya mempercantik ruangan, tetapi beberapa di antaranya memiliki kelebihan tambahan: kemampuan untuk mengusir nyamuk. Dengan meningkatnya kekhawatiran terhadap penyakit yang ditularkan nyamuk seperti malaria dan demam berdarah, solusi alami ini menjadi semakin populer. Berikut adalah ulasan mendetail tentang beberapa tanaman hias yang efektif sebagai pengusir nyamuk.

Lavender

Lavender dikenal dengan aroma wangi bunganya yang juga tidak disukai nyamuk. Tanaman ini mengandung zat lynalyl asetat dan linalool yang efektif mengusir nyamuk.

Serai Wangi

Serai Wangi atau Cymbopogon nardus adalah tanaman yang ekstrak minyaknya sering digunakan sebagai repelan nyamuk. Minyak ini bisa didapat dengan teknik penyulingan dan efektif selama sekitar 2 jam sebelum perlu diaplikasikan kembali.

Geranium

Geranium memiliki zat sitronelol dan geraniol yang mampu mengusir nyamuk. Tanaman ini mudah ditanam baik di dalam pot maupun di luar ruangan, dan bunganya yang cerah dan cantik menjadikannya pilihan yang populer.

Bawang Putih

Meskipun dikenal sebagai bumbu dapur, Bawang Putih juga bisa digunakan sebagai pengusir nyamuk. Meletakkan umbi bawang putih yang sudah dikupas di ventilasi atau depan pintu dapat membantu mencegah nyamuk masuk ke dalam rumah.

Pennyroyal

Pennyroyal adalah jenis tanaman hias yang juga berfungsi sebagai pengusir nyamuk. Namun, perlu diingat bahwa tanaman ini hanya membuat nyamuk tidak mendekat, bukan membunuhnya.

Tabel Tanaman Hias Pengusir Nyamuk

No Nama Tanaman Kandungan Aktif Cara Penggunaan
1 Lavender Lynalyl asetat, Linalool Ditanam di pot/halaman
2 Serai Wangi Minyak atsiri Ekstrak minyak untuk olesan kulit
3 Geranium Sitronelol, Geraniol Ditanam di dalam/luar ruangan
4 Bawang Putih Allicin Diletakkan di ventilasi/pintu
5 Pennyroyal Pulegone Ditanam sebagai tanaman hias
BACA JUGA  Kopi 24 Jam Solo: Tempat Nongkrong Asik yang Tak Pernah Tidur

Tanaman-tanaman ini tidak hanya berperan sebagai pengusir nyamuk tetapi juga menambah estetika dan kesegaran di dalam rumah. Dengan memilih tanaman yang tepat, Anda bisa menciptakan lingkungan yang lebih nyaman dan bebas dari gangguan nyamuk.

: CekAja.com
: detikcom
: CNBC Indonesia

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment

Ads - Before Footer