Soto Bathok Mbah Karto: Warisan Kuliner Yogyakarta dalam Batok Kelapa

Rini Diana Wati

Soto Bathok Mbah Karto tidak hanya sekedar hidangan, tetapi juga sebuah pengalaman kuliner yang menggabungkan rasa, tradisi, dan keunikan penyajian. Berlokasi di Yogyakarta, warung soto ini menawarkan sensasi menikmati soto sapi yang disajikan dalam mangkok batok kelapa, memberikan nuansa tradisional yang kental.

Sejarah dan Lokasi

Saoto Bathok Mbah Karto berada di Jalan Candi Sambisari, Yogyakarta, sebuah lokasi yang mungkin terasa jauh dari keramaian kota, namun selalu ramai dikunjungi oleh para penikmat kuliner. Keunikan sajian soto di tempat ini telah menjadikannya salah satu destinasi kuliner legendaris di Jogja.

Keistimewaan Soto Bathok

Keistimewaan utama dari Soto Bathok Mbah Karto terletak pada penyajiannya yang unik, yaitu menggunakan batok kelapa sebagai mangkok. Ini bukan hanya menambah nilai estetika tetapi juga memberikan aroma khas yang memperkaya cita rasa soto.

Bahan dan Rasa

Soto yang disajikan terdiri dari kuah bening dengan isian daging sapi yang dipotong dadu, toge, irisan seledri, dan taburan bawang goreng. Dikenal dengan sebutan soto segar karena dimasak tanpa santan dan bumbunya yang sederhana, soto ini menawarkan rasa yang segar dan menggugah selera.

Harga dan Jam Operasional

Dengan harga yang sangat terjangkau, hanya Rp 6.000 per porsi, Soto Bathok Mbah Karto menjadi pilihan yang ekonomis untuk sarapan atau makan siang yang mengenyangkan. Warung ini buka setiap hari mulai pukul 06:00 WIB hingga habis.

Ulasan Pengunjung

Berdasarkan ulasan pengunjung, tempe garit yang disajikan bersama soto juga mendapatkan pujian karena kelezatannya. Meskipun ada beberapa pendapat yang beragam mengenai rasa soto, pengalaman menyantap soto dalam batok kelapa tetap menjadi daya tarik utama.

BACA JUGA  Rute Kereta Api Jalur Selatan: Jelajahi Pusaka Transportasi Indonesia

Kesimpulan

Soto Bathok Mbah Karto menawarkan lebih dari sekedar makanan, ia adalah bagian dari budaya dan tradisi Yogyakarta yang patut untuk dijaga dan dilestarikan. Jadi, jika Anda berada di Yogyakarta, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi keunikan kuliner ini.

: YogYes.com
: Tripadvisor
: RizkyAlmira.com

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment

Ads - Before Footer