Sejarah Sam Poo Kong

Rini Diana Wati

Sam Poo Kong, juga dikenal sebagai Gedung Batu, adalah sebuah kompleks kelenteng yang memiliki nilai sejarah dan budaya yang signifikan di Semarang, Jawa Tengah, Indonesia. Kompleks ini merupakan salah satu situs bersejarah yang terkait dengan perjalanan Laksamana Cheng Ho, seorang penjelajah dan diplomat terkenal dari Dinasti Ming.

Latar Belakang

Laksamana Cheng Ho melakukan serangkaian pelayaran yang dimulai pada tahun 1405, dengan misi perdamaian dan diplomatik atas perintah Kaisar Yongle dari Dinasti Ming. Selama pelayarannya, Cheng Ho dan armadanya singgah di berbagai kota di Nusantara, termasuk Semarang.

Kisah Berdirinya Sam Poo Kong

Pada suatu ketika, juru mudi armada Cheng Ho, Wang Jing Hong, jatuh sakit dan mereka beristirahat di sebuah gua di Semarang. Setelah Wang Jing Hong sembuh, ia memutuskan untuk tidak kembali ke Tiongkok bersama Cheng Ho dan tinggal di Semarang. Untuk mengenang perjalanan dan kebijaksanaan Cheng Ho, Wang Jing Hong mendirikan patung Laksamana Cheng Ho di dalam gua tersebut.

Perkembangan dan Renovasi

Awalnya, gua tempat peristirahatan armada Cheng Ho digunakan sebagai tempat sembahyang umat Konghucu. Namun, seiring waktu, tempat ini berkembang menjadi kelenteng yang kita kenal sekarang sebagai Sam Poo Kong. Pada tahun 1965, pembangunan secara serius dilakukan di kawasan ini dengan mendirikan Yayasan Sam Poo Kong. Renovasi besar-besaran terjadi pada tahun 2002, dan penataan akhir kawasan ini selesai pada tahun 2005, menjadikannya seperti yang kita lihat saat ini.

Sam Poo Kong Saat Ini

Sam Poo Kong tidak hanya berfungsi sebagai tempat ibadah, tetapi juga sebagai destinasi wisata yang menarik di Semarang. Arsitektur khas Tiongkok yang melekat pada setiap sudut bangunannya menambah daya tarik kawasan ini.

BACA JUGA  Misteri Suara Malam: Burung Penyanyi Gelap

Jam Operasional

Sam Poo Kong buka setiap hari dengan jam operasional sebagai berikut:

  • Senin: 08:00 – 21:00
  • Selasa: 08:00 – 20:00
  • Rabu: 08:00 – 20:00
  • Kamis: 08:00 – 21:00
  • Jumat: 08:00 – 21:00
  • Sabtu: 08:00 – 20:00
  • Minggu: 08:00 – 21:00

Lokasi

Sam Poo Kong terletak di Jalan Simongan 129, Semarang 50237.

Kesimpulan

Sejarah Sam Poo Kong erat kaitannya dengan Laksamana Cheng Ho dan perjalanan armadanya di Nusantara. Dari sebuah gua peristirahatan menjadi kelenteng yang megah, Sam Poo Kong kini tidak hanya menjadi tempat peribadatan tetapi juga simbol akulturasi dan sejarah yang hidup di tengah masyarakat Semarang.

Catatan: Informasi di atas dapat berubah tergantung pada kebijakan dan kondisi terkini. Pengunjung disarankan untuk memeriksa informasi terbaru sebelum berkunjung..

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment

Ads - Before Footer