Sejarah Kota Tua Jakarta

Hendry Juanda

Kota Tua Jakarta, yang juga dikenal sebagai Batavia Lama, adalah saksi bisu perkembangan kota Jakarta dari masa ke masa. Kawasan ini tidak hanya penting secara historis tetapi juga memiliki nilai arsitektural dan budaya yang tinggi.

Awal Sejarah

Kota Tua Jakarta berawal dari sebuah pelabuhan kecil bernama Sunda Kelapa. Pada tahun 1526, Fatahillah dari Kesultanan Demak berhasil menaklukkan pelabuhan ini dan mengubah namanya menjadi Jayakarta. Wilayah ini memiliki luas sekitar 1,3 kilometer persegi yang melintasi Jakarta Utara dan Jakarta Barat.

Perkembangan Kota

Pada tahun 1619, VOC menghancurkan Jayakarta dan membangun kota baru yang dinamakan Batavia untuk menghormati leluhur bangsa Belanda. Batavia dirancang dengan gaya Eropa, lengkap dengan benteng, dinding kota, dan kanal. Namun, karena masalah sanitasi, kanal-kanal tersebut diisi kembali.

Era Kolonial Belanda

Batavia menjadi pusat administratif Hindia Timur Belanda dan dikenal sebagai "Permata Asia" dan "Ratu dari Timur" pada abad ke-16. Kota ini terus berkembang dan meluas, terutama setelah epidemi tahun 1835 dan 1870 yang mendorong penduduknya untuk pindah ke wilayah Weltevreden.

Perubahan Nama dan Fungsi

Selama pendudukan Jepang pada tahun 1942, Batavia berganti nama menjadi Jakarta dan tetap menjadi ibu kota Indonesia hingga saat ini. Pada tahun 1972, Gubernur Jakarta Ali Sadikin mengeluarkan dekret yang menjadikan Kota Tua sebagai situs warisan.

Kota Tua Saat Ini

Meskipun telah ditetapkan sebagai situs warisan, Kota Tua masih menghadapi tantangan dalam pelestarian bangunan-bangunan bersejarahnya. Namun, upaya terus dilakukan untuk melindungi dan memelihara warisan ini.

Tabel Tempat Bersejarah di Kota Tua Jakarta:

BACA JUGA  Apakah Tepung Maizena Sama dengan Tepung Kanji?
Nama Tempat Fungsi Historis Fungsi Saat Ini
Museum Sejarah Jakarta Bekas Stadhuis Batavia Museum
Lapangan Fatahillah Pusat Kota Batavia Lapangan dan Area Publik
Pelabuhan Sunda Kelapa Pelabuhan Utama Pelabuhan dan Situs Wisata

Kota Tua Jakarta tidak hanya penting bagi sejarah Indonesia tetapi juga sebagai tempat yang menghubungkan masa lalu dengan masa kini, memberikan wawasan tentang asal-usul kota Jakarta dan evolusinya menjadi metropolis modern.

: Sumber: Wikipedia bahasa Indonesia – Kota Tua Jakarta

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment

Ads - Before Footer