Roombutter untuk Kue Kering: Rahasia Tekstur Lembut dan Aroma Menggoda

Rini Diana Wati

Roombutter, atau roomboter dalam bahasa Belanda, adalah jenis mentega yang memiliki kualitas tinggi dan sering digunakan dalam pembuatan kue kering. Di Indonesia, roombutter dikenal dengan "butter kaleng" karena sering dijual dalam kaleng aluminium. Keistimewaan roombutter terletak pada aromanya yang wangi dan kemampuannya memberikan tekstur lembut serta lumer pada kue kering.

Apa Itu Roombutter?

Roombutter adalah mentega berkualitas tinggi yang banyak dipasarkan di Belanda dan negara-negara di sekitarnya. Harganya yang relatif mahal di pasaran Indonesia sebanding dengan kualitas yang ditawarkan, yaitu kue kering dengan rasa lebih enak dan tekstur yang lembut.

Kegunaan Roombutter dalam Pembuatan Kue Kering

Roombutter memiliki aroma wangi yang khas, yang membuat hasil kue kering beraroma sangat menarik, terutama saat baru keluar dari oven. Kebanyakan orang menggunakan roombutter untuk kue kering seperti nastar, kastengel, lidah kucing, semprit, dan lainnya karena dapat membuat tekstur kue lebih lumer dan lembut.

Cara Menakar Penggunaan Roombutter

Takaran penggunaan roombutter sama dengan butter atau margarin biasa, sesuai dengan kebutuhan resep. Namun, jika ingin mengurangi aroma wangi namun tetap mempertahankan tekstur lembut, bisa dikombinasikan dengan margarin dengan perbandingan 1:2.

Tabel Perbandingan Roombutter dan Margarin

Bahan Tekstur Kue Aroma Harga
Roombutter Lebih lumer dan lembut Wangi khas Mahal
Margarin Kurang lumer Kurang wangi Lebih murah

Rekomendasi Roombutter di Indonesia

Salah satu merek roombutter yang sering digunakan di Indonesia adalah Wijsman Butter. Ini adalah jenis salted butter yang memiliki aroma sangat harum dan diakui oleh para pembuat kue kering karena dapat membuat kue menjadi wangi dan enak.

BACA JUGA  Red Velvet Cheesecake Union: Kelezatan yang Tak Terlupakan

Kesimpulan

Roombutter adalah pilihan yang tepat untuk Anda yang ingin meningkatkan kualitas kue kering yang dibuat. Dengan aroma wangi khas dan tekstur yang lembut, roombutter dapat membuat kue kering Anda menjadi lebih istimewa.

Untuk informasi lebih lanjut tentang roombutter dan resep kue kering, Anda bisa mengunjungi sumber berikut.

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment

Ads - Before Footer