Pesona Tersembunyi Indonesia: Pulau Lombok

Rini Diana Wati

Pulau Lombok, terletak di kepulauan Sunda Kecil atau Nusa Tenggara, adalah permata tersembunyi yang menawarkan keindahan alam yang memukau, budaya yang kaya, dan petualangan yang tak terlupakan. Berikut adalah ulasan mendetail tentang Pulau Lombok.

Geografi

Pulau Lombok dipisahkan oleh Selat Lombok dari Bali di sebelah barat dan Selat Alas dari Sumbawa di sebelah timur. Pulau ini memiliki luas wilayah 5.435 km², menjadikannya sebagai pulau ke-108 terbesar di dunia berdasarkan luasnya. Topografi pulau didominasi oleh Gunung Rinjani, gunung berapi tipe A dengan ketinggian 3.726 meter di atas permukaan laut, menjadikannya gunung tertinggi ketiga di Indonesia.

Demografi

Pulau Lombok dihuni oleh 3.936.194 jiwa pada tahun 2023, dengan penduduk asli suku Sasak yang memeluk agama Islam sebagai mayoritas. Suku Sasak memiliki hubungan kekerabatan dengan suku Bali dan dikenal dengan budaya yang lurus dan jujur, sesuai dengan arti namanya dalam bahasa Sasak.

Administrasi

Wilayah Pulau Lombok terbagi menjadi 4 kabupaten dan 1 kota, yaitu Kabupaten Lombok Barat, Kabupaten Lombok Tengah, Kabupaten Lombok Timur, Kabupaten Lombok Utara dan Kota Mataram. Kota Mataram merupakan ibu kota dari provinsi Nusa Tenggara Barat dan pusat pemerintahan serta kegiatan ekonomi di pulau ini.

Flora dan Fauna

Selat Lombok menandai batas flora dan fauna Asia, dengan spesies di Lombok menunjukkan kemiripan lebih besar dengan Australia daripada Asia. Fenomena ini pertama kali diidentifikasi oleh Alfred Russel Wallace pada abad ke-19 dan dikenal sebagai Garis Wallace.

Pariwisata

Lombok menawarkan berbagai destinasi wisata, mulai dari pantai-pantai nan memesona, Gunung Rinjani yang indah, hingga pemandangan bawah laut yang spektakuler. Beberapa gili atau pulau kecil seperti Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air menawarkan pengalaman unik bagi para wisatawan, dari bersantai di pantai hingga menyelam di perairan yang jernih.

BACA JUGA  Nasi Ayam Bu Tum: Kelezatan Tradisional Bali yang Menggugah Selera

Kesimpulan

Pulau Lombok adalah surga yang menunggu untuk dijelajahi. Dengan keindahan alamnya yang menakjubkan, kekayaan budaya yang mendalam, dan keramahan penduduk lokal, pulau ini menjanjikan pengalaman yang tak terlupakan bagi siapa pun yang berkunjung.

: Wikipedia bahasa Indonesia
: Indonesia Travel.

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment

Ads - Before Footer