Pesona Tersembunyi di Tuban: Keindahan Air Terjun yang Memukau

Rini Diana Wati

Tuban, sebuah kabupaten di Jawa Timur, tidak hanya terkenal dengan pantainya yang indah tetapi juga dengan air terjunnya yang menawan. Berikut adalah ulasan mendetail tentang beberapa air terjun terpopuler di Tuban yang menawarkan keindahan alam dan kesegaran yang tak terlupakan.

Air Terjun Nglirip

Air Terjun Nglirip, terletak di Desa Mulyoagung, Kecamatan Singgahan, adalah salah satu destinasi wisata air yang paling terkenal di Tuban. Dengan ketinggian 29 meter, air terjun ini menawarkan pemandangan air berwarna tosca yang jernih dikelilingi oleh pepohonan rindang. Pengelola air terjun ini telah menyediakan beberapa spot foto yang menarik, serta warung yang menawarkan makanan khas setempat, rujak nglirip. Air terjun ini buka setiap hari dari pukul 08.00 hingga 17.00 WIB.

Air Terjun Banyu Langse

Berlokasi sekitar 10 kilometer dari pusat kota Tuban, Air Terjun Banyu Langse menawarkan suasana alam perdesaan yang damai dengan perbukitan kapur di sekelilingnya. Terdapat tiga air terjun di lokasi ini, dengan air terjun pertama memiliki kedalaman lima meter. Air terjun kedua dan ketiga memiliki ketinggian 10 meter, menambah variasi bagi pengunjung yang ingin menikmati keindahan alam.

Air Terjun Sanggrahan

Air Terjun Sanggrahan dapat ditempuh dengan perjalanan sekitar 1,5 jam dari pusat kota Tuban. Terletak di Desa Kedungjambe, Singgahan, air terjun ini menawarkan pemandangan pedesaan yang indah dengan hamparan sawah dan udara segar sepanjang perjalanan.

Tabel Informasi Air Terjun di Tuban

Nama Air Terjun Lokasi Ketinggian Fasilitas Jam Operasional
Nglirip Desa Mulyoagung, Singgahan 29 meter Spot foto, Warung makan 08.00 – 17.00 WIB
Banyu Langse Desa Boto, Semanding 5 – 10 meter
Sanggrahan Desa Kedungjambe, Singgahan
BACA JUGA  Lawar Kambing Mang Raka: Kelezatan Tradisional Bali yang Tak Lekang oleh Waktu

Kunjungan ke air terjun di Tuban tidak hanya menawarkan kesegaran alam tetapi juga pengalaman budaya yang kaya. Dengan keindahan alam yang masih terjaga, air terjun di Tuban layak menjadi destinasi wisata yang harus dikunjungi saat berada di Jawa Timur.

: Kompas.com

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment

Ads - Before Footer