Pesona Tersembunyi Air Terjun Gadih Ranti

Rini Diana Wati

Air Terjun Gadih Ranti, terletak di Nagari Tanjung Sari, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, merupakan salah satu keajaiban alam yang tersembunyi di Sumatera Barat. Dengan ketinggian sekitar 50 meter, air terjun ini menawarkan pemandangan yang memukau dengan aliran air yang jatuh bebas dari tebing, menciptakan buih-buih kecil yang menambah keindahan alam sekitarnya.

Sejarah dan Legenda

Menurut cerita lokal, nama ‘Gadih Ranti’ berasal dari seorang gadis cantik dengan rambut panjang yang sering mandi di kolam yang terletak di atas air terjun. Gadis ini, yang juga dikenal sebagai penguasa di daerah tersebut, dikatakan telah membangun banyak monumen dan fasilitas publik selama masa pemerintahannya.

Keindahan Alam

Air Terjun Gadih Ranti dikelilingi oleh vegetasi hijau yang rimbun, menambah suasana asri dan menyegarkan. Aliran airnya yang tidak terlalu deras memungkinkan pengunjung untuk bermain air dengan aman. Selain itu, terdapat kolam pemandian bernama Gadih Ranti yang terletak tepat di atas air terjun, menambah daya tarik bagi para wisatawan.

Akses ke Lokasi

Untuk mencapai Air Terjun Gadih Ranti, pengunjung harus melewati jalan Sao-Arikia dan berjalan kaki sejauh kurang lebih 500 meter melalui jalan setapak. Lokasi ini berjarak sekitar 1,6 km dari Jln Raya Lubuk basung-Maninjau, dan disarankan untuk menggunakan kendaraan roda dua karena akses jalan yang cukup menantang.

Air Terjun Gadih Ranti tidak hanya menawarkan keindahan alam, tetapi juga cerita dan sejarah yang kaya, menjadikannya destinasi yang sempurna bagi mereka yang mencari petualangan dan keaslian budaya lokal. Jika Anda berada di Sumatera Barat, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi tempat ajaib ini.

BACA JUGA  Pameran Seni di Jogja

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment

Ads - Before Footer