Pesona Tersembunyi: Air Terjun di Bogor

Hendry Juanda

Bogor, sering dijuluki sebagai "Kota Hujan", juga terkenal dengan julukan "Kota Seribu Curug" karena kekayaan alamnya yang melimpah berupa air terjun atau dalam bahasa Sunda disebut "Curug". Dengan topografi yang didominasi oleh dataran tinggi dan pegunungan, Bogor menyuguhkan berbagai air terjun yang mempesona, menawarkan kesegaran dan keindahan alam yang tak terlupakan.

Curug Kiara: Tangga Bambu Menuju Surga Tersembunyi

Salah satu air terjun yang hampir selalu ada dalam daftar para pemburu keindahan alam adalah Curug Kiara. Terletak di Kampung Raina, Desa Ciasihan, Kecamatan Pamijahan, Curug Kiara menantang pengunjungnya dengan tangga bambu yang curam dan licin. Namun, usaha keras untuk mencapainya akan terbayar dengan pemandangan air terjun yang spektakuler, dikelilingi oleh tebing yang menjulang dan alam yang masih sangat alami.

Tiket Masuk: Rp10.000
Cara ke Sana: Dari arah Ciapus menuju Curug Luhur ke arah Pamijahan. Ikuti petunjuk jalan hingga SDN Gunung Picung, belok kanan, kemudian ke Desa Cibitung Kulon, dan ikuti pertigaan hingga lokasi.

Curug Cikawah: Pertemuan Air Belerang dan Air Terjun

Curug Cikawah menawarkan pengalaman unik dengan pertemuan air belerang dan air terjun. Terletak di Desa Ciasmara, Curug Cikawah memiliki rute yang licin dan terjal, namun menjanjikan ketenangan dengan air panas yang menenangkan bagi pengunjungnya.

Curug Leuwi Hejo: ‘Green Canyon’ Bogor

Curug Leuwi Hejo, dengan airnya yang jernih berwarna biru toska, sering disebut sebagai Green Canyon versi Bogor. Terletak di Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, air terjun ini memiliki arus yang cukup deras dan kolam yang tidak terlalu besar, sempurna untuk berendam dan menikmati keindahan alam.

BACA JUGA  Makanan Favorit di Medan: Kelezatan yang Tak Terlupakan

Curug Luhur: Dua Aliran Air yang Sejajar

Di kawasan Taman Nasional Halimun Salak, Curug Luhur menampilkan dua aliran air yang sejajar dengan arus yang kuat. Air terjun ini juga menawarkan perosotan air yang menjadi favorit bagi keluarga yang membawa anak-anak.

Curug Pangeran: Debit Air yang Deras untuk Berenang

Curug Pangeran di Sukajadi, Tamansari, adalah pilihan tepat bagi mereka yang mencari debit air yang cukup deras untuk berenang. Kawasan ini telah dikembangkan sehingga mudah diakses dan menawarkan kolam curug yang dingin dan menyegarkan.

Curug Putri Kencana: Akses Mudah dengan Pemandangan Memukau

Curug Putri Kencana di Karang Tengah, Babakan Madang, menawarkan akses yang mudah dengan papan arah yang jelas. Pengunjung akan disuguhi pemandangan air terjun yang memukau dengan alam sekitarnya yang indah.

Bogor memang layak disebut sebagai surga bagi pencinta alam dan petualangan. Dengan beragam pilihan air terjun yang tersedia, setiap pengunjung dapat menemukan sudut keindahan yang unik dan mempesona. Jadi, jika Anda berada di Indonesia dan mencari tempat untuk menyegarkan pikiran serta jiwa, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi air terjun di Bogor.

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment

Ads - Before Footer