Pesona Sejarah di Lereng Gunung Ungaran: Candi Gedong Songo

Rini Diana Wati

Candi Gedong Songo merupakan kompleks candi Hindu yang menawan, terletak di lereng Gunung Ungaran, Jawa Tengah, Indonesia. Dengan ketinggian sekitar 1.200 meter di atas permukaan laut, candi ini menawarkan pemandangan alam yang indah dan udara yang sejuk, dengan suhu berkisar antara 19-27 °C.

Sejarah dan Penemuan

Candi Gedong Songo ditemukan oleh Thomas Stanford Raffles pada tahun 1804. Ini adalah peninggalan budaya Hindu dari zaman Wangsa Syailendra pada abad ke-9 (tahun 927 masehi). Kompleks ini memiliki sembilan candi yang tersebar di lereng gunung, menunjukkan persamaan dengan kompleks Candi Dieng di Wonosobo.

Arsitektur dan Fungsi

Setiap candi di Gedong Songo memiliki ciri khasnya sendiri, dengan arca Siwa Mahakala, Siwa Mahaguru, dan Ganesha yang menandakan fungsi tempat ini sebagai pusat pemujaan. Lokasi candi di gunung juga mencerminkan kepercayaan Hindu bahwa gunung adalah tempat bersemayamnya para dewa.

Fasilitas Wisata

Selain nilai sejarah dan spiritual, Candi Gedong Songo juga dilengkapi dengan fasilitas wisata seperti pemandian air panas yang mengandung belerang, area perkemahan, dan wisata berkuda, menjadikannya destinasi yang sempurna bagi pengunjung yang mencari pengalaman yang menyeluruh.

Akses ke Lokasi

Untuk mencapai Candi Gedong Songo, pengunjung dapat melakukan perjalanan sekitar 40 menit dari Kota Ambarawa. Jalanan yang naik dengan kemiringan tajam memberikan tantangan tersendiri, namun juga diimbangi dengan pemandangan yang memukau.

Candi Gedong Songo tidak hanya menawarkan keindahan arsitektur dan nilai historis, tetapi juga pengalaman budaya yang kaya bagi setiap pengunjung yang datang ke lereng Gunung Ungaran yang megah ini.

BACA JUGA  Menjelajahi Keindahan Alam di Tempat Camping Puncak Bogor

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment

Ads - Before Footer