Pesona Oleh-Oleh Khas Mataram: Warisan Kuliner dan Kerajinan yang Memikat

Hendry Juanda

Mataram, ibu kota Provinsi Nusa Tenggara Barat, tidak hanya terkenal dengan keindahan alam dan budayanya yang kaya, tetapi juga dengan beragam oleh-oleh khas yang menarik untuk dibawa pulang. Dari kuliner lezat hingga kerajinan tangan yang unik, Mataram menawarkan sesuatu yang bisa memikat hati setiap pengunjung.

Kuliner Khas Mataram

Telur Asin Bakar

Telur asin bakar adalah inovasi kuliner dari Dusun Gubuk Baru, Desa Terara, Kabupaten Lombok Timur. Dibuat dengan tekstur yang lebih padat dan warna kuning yang cerah, telur asin bakar ini menawarkan rasa yang tidak terlalu asin dengan aroma asap yang khas.

Dodol Rumput Laut

Dodol rumput laut merupakan camilan unik yang terbuat dari rumput laut. Berbeda dengan dodol pada umumnya, dodol rumput laut memiliki warna yang lebih cerah dan dipercaya memiliki banyak manfaat kesehatan.

Susu Kuda Liar

Susu kuda liar dari Mataram dipercaya dapat mengatasi berbagai penyakit. Dengan proses fermentasi alami, susu ini memiliki masa ketahanan yang cukup lama.

Terasi Lombok

Terasi Lombok adalah pilihan sempurna bagi mereka yang memiliki hobi memasak. Dengan rasa yang khas, terasi ini dapat menambah kelezatan berbagai masakan.

Kerajinan Tangan Mataram

Mutiara

Mataram dikenal sebagai penghasil mutiara yang berkualitas. Mutiara ini dijual dalam berbagai bentuk perhiasan, seperti cincin, kalung, dan gelang.

Anyaman Ketak

Anyaman ketak adalah kerajinan tangan yang dapat ditemukan di Pasar Seni Sayang-Sayang. Kerajinan ini mencerminkan kehalusan dan keindahan budaya lokal.

Kaos Mataram

Kaos dengan tulisan "I Love Mataram" menjadi salah satu oleh-oleh yang populer. Kaos ini tersedia dalam berbagai desain yang menarik.

BACA JUGA  Kelezatan Kue Basah Tradisional Indonesia

Tabel Oleh-Oleh Khas Mataram

No Nama Produk Deskripsi Manfaat
1 Telur Asin Bakar Telur asin dengan aroma asap
2 Dodol Rumput Laut Camilan dari rumput laut Kesehatan
3 Susu Kuda Liar Susu dengan khasiat kesehatan Pengobatan
4 Terasi Lombok Bumbu dapur khas Memasak
5 Mutiara Perhiasan dari laut Estetika
6 Anyaman Ketak Kerajinan tangan tradisional Dekorasi
7 Kaos Mataram Pakaian dengan desain lokal Fashion

Mataram menyajikan kombinasi sempurna antara tradisi dan rasa, menjadikan setiap oleh-oleh khasnya bukan hanya sekedar benda, tetapi juga cerita dan pengalaman yang tak terlupakan. Jadi, pastikan Anda tidak melewatkan kesempatan untuk membawa pulang sebagian dari kekayaan budaya Mataram.

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment

Ads - Before Footer