Pertempuran Bandung Lautan Api: Api Patriotisme yang Tak Kunjung Padam

Rini Diana Wati

Peristiwa Bandung Lautan Api adalah salah satu babak penting dalam sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia. Pada tanggal 23 Maret 1946, rakyat dan tentara Indonesia melakukan tindakan heroik dengan membakar kota Bandung untuk mencegah pasukan Sekutu dan NICA (Belanda) menggunakan kota tersebut sebagai markas strategis. Aksi bumi hangus ini merupakan simbol dari semangat perlawanan yang membara dan keberanian yang luar biasa dari para pejuang kemerdekaan Indonesia.

Latar Belakang

Setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945, pasukan Sekutu yang tergabung dalam AFNEI (Allied Forces Netherlands East Indies) datang ke Indonesia. Awalnya, kedatangan mereka hanya untuk membebaskan tentara Sekutu dari tahanan Jepang. Namun, Belanda atau NICA membonceng pasukan Sekutu dan ingin menguasai Indonesia lagi.

Kronologi

Pada malam tanggal 24 November 1945, angkatan perang RI merespons dengan melakukan penyerangan terhadap markas-markas Sekutu di Bandung bagian utara, termasuk Hotel Homan dan Hotel Preanger yang menjadi markas besar Sekutu. Pada 27 November 1945, Kolonel MacDonald selaku panglima perang Sekutu menyampaikan ultimatum kepada Gubernur Jawa Barat, Mr. Datuk Djamin, agar rakyat dan tentara segera mengosongkan wilayah Bandung Utara.

Tokoh Penting

Beberapa tokoh penting dalam peristiwa ini antara lain MayJen. Abdoel Haris Nasoetion dan Muhammad Toha.

Dampak

Peristiwa Bandung Lautan Api tidak hanya menjadi simbol perlawanan tetapi juga mempengaruhi jalannya perjuangan kemerdekaan Indonesia. Aksi ini menunjukkan kepada dunia bahwa rakyat Indonesia bersedia melakukan pengorbanan besar demi mempertahankan kemerdekaan mereka.

Representasi dalam Seni

Bandung Lautan Api diabadikan dalam berbagai bentuk karya seni, seperti lagu "Halo-Halo Bandung" yang menjadi simbol perlawanan dan patriotisme rakyat Indonesia.

BACA JUGA  Harga Tiket Kereta ke Dieng: Panduan Terupdate

Kesimpulan

Pertempuran Bandung Lautan Api adalah bukti nyata dari semangat juang yang tak pernah padam dari rakyat Indonesia. Peristiwa ini akan selalu dikenang sebagai salah satu momen paling heroik dalam sejarah kemerdekaan Indonesia.

Untuk informasi lebih lanjut dan detail yang lebih mendalam, Anda dapat mengunjungi sumber-sumber berikut:

  • Sejarah Peristiwa Bandung Lautan Api: Penyebab, Kronologi, & Tokoh
  • Bandung Lautan Api – Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
  • Sejarah Peristiwa Bandung Lautan Api – Kompaspedia
  • Bandung Sea of Fire – Wikipedia
  • Sejarah Meletusnya Peristiwa Pertempuran Bandung Lautan Api – PosKata

Artikel ini disusun dengan mengacu pada sumber-sumber yang terpercaya dan memberikan gambaran umum tentang Pertempuran Bandung Lautan Api. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan Anda tentang salah satu peristiwa penting dalam sejarah Indonesia.

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment

Ads - Before Footer