Perlindungan Ganda: Memahami Perbedaan SPF dan PA dalam Tabir Surya

Rini Diana Wati

Ketika berbicara tentang perlindungan dari sinar matahari, dua istilah yang sering muncul adalah SPF (Sun Protection Factor) dan PA (Protection Grade of UVA). Kedua istilah ini merujuk pada jenis perlindungan yang berbeda yang ditawarkan oleh produk tabir surya. Mari kita jelajahi perbedaan utama antara SPF dan PA untuk membantu Anda memilih tabir surya yang tepat.

Apa Itu SPF?

SPF adalah ukuran yang menunjukkan seberapa efektif tabir surya melindungi kulit dari sinar UVB, yang bertanggung jawab atas terjadinya sunburn. Angka yang mengikuti SPF menandakan teori waktu tambahan yang dapat Anda habiskan di bawah sinar matahari tanpa terbakar dibandingkan jika Anda tidak menggunakan tabir surya sama sekali. Misalnya, SPF 30 berarti teorinya Anda dapat tinggal di bawah sinar matahari 30 kali lebih lama daripada tanpa perlindungan.

Tabel Efektivitas SPF: SPF Persentase Blokir UVB
15 93%
30 97%
50 98%
100 99%

Apa Itu PA?

PA, di sisi lain, adalah ukuran yang menunjukkan seberapa efektif tabir surya melindungi kulit dari sinar UVA, yang dikaitkan dengan penuaan dini. Skala PA diukur dengan jumlah tanda plus (+), mulai dari PA+ hingga PA++++, dengan PA++++ menawarkan perlindungan paling tinggi.

Tabel Efektivitas PA: PA Tingkat Perlindungan UVA
PA+ Sedikit
PA++ Cukup
PA+++ Tinggi
PA++++ Sangat Tinggi

Perbandingan SPF dan PA

Meskipun SPF dan PA keduanya bertujuan untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari, mereka melindungi dari jenis sinar UV yang berbeda. SPF melindungi terutama dari UVB, sedangkan PA melindungi dari UVA. Keduanya penting untuk perlindungan kulit yang komprehensif.

BACA JUGA  Aplikasi Permainan Terbaru untuk Anak Perempuan
Tabel Perbandingan SPF dan PA: Aspek SPF PA
Perlindungan Sinar UVB (sunburn) Sinar UVA (penuaan dini)
Pengukuran Waktu tambahan di bawah sinar matahari (angka) Tingkat perlindungan (jumlah tanda plus)
Efektivitas Tinggi dengan angka yang lebih besar Tinggi dengan lebih banyak tanda plus

Kesimpulan

Memilih tabir surya dengan SPF dan PA yang sesuai sangat penting untuk melindungi kulit dari efek berbahaya sinar matahari. Pastikan untuk memeriksa kedua nilai ini saat membeli tabir surya dan gunakan secara teratur, terutama jika Anda menghabiskan waktu yang lama di luar ruangan.

Ingat, penggunaan tabir surya perlu diulang setiap dua jam sekali, dan selalu periksa tanggal kedaluwarsa produk untuk memastikan efektivitasnya. Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau membutuhkan bantuan dalam memilih produk yang tepat, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli dermatologi.

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment

Ads - Before Footer