Pemandangan Swiss di Indonesia: 3 Destinasi Wisata yang Mirip dengan Negeri Alpen

Rini Diana Wati

Swiss adalah salah satu negara yang menjadi impian banyak orang untuk dikunjungi. Negara ini terkenal dengan keindahan alamnya yang luar biasa, mulai dari pegunungan Alpen yang memesona, danau-danau besar yang biru, hingga desa-desa yang indah dan asri. Namun, untuk bisa berwisata ke Swiss, tentu tidak mudah dan tidak murah. Biaya transportasi, akomodasi, hingga visa bisa membuat kantong jebol.

Tapi, jangan khawatir. Bagi Anda yang ingin merasakan sensasi berwisata ke Swiss, sebenarnya tidak perlu jauh-jauh ke sana. Indonesia, dengan segala kekayaan dan keberagamannya, juga memiliki tempat-tempat menawan yang bisa dikatakan mirip dengan yang ada di Swiss. Banyak juga kemiripan wisata Indonesia dengan Swiss, misalnya pemandangan alam yang sama-sama indah, bahkan hingga suhu udaranya pun bisa mirip sejuk dan dinginnya dengan Swiss.

Dalam artikel ini, kami akan mengulas tiga destinasi wisata di Indonesia yang mirip dengan Swiss, baik dari segi panorama, iklim, maupun budayanya. Simak ulasannya berikut ini:

1. Lembah Harau, Sumatera Barat

Lembah Harau adalah sebuah desa wisata yang berada di Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat. Desa ini memiliki pemandangan yang sangat memesona, karena dikelilingi oleh tebing-tebing batu granit yang menjulang tinggi, mirip dengan Lauterbrunnen, sebuah desa wisata di Swiss yang terletak di antara pegunungan Alpen. Selain tebing-tebing batu, Lembah Harau juga memiliki area persawahan yang hijau, air terjun yang jernih, dan hutan yang lebat. Udara di sini juga sejuk dan segar, cocok untuk refreshing dari hiruk pikuk kota.

Di Lembah Harau, Anda bisa menikmati berbagai aktivitas wisata, seperti berjalan-jalan di sekitar desa, berfoto dengan latar belakang tebing-tebing batu, mandi di air terjun, berkemah di bawah bintang, hingga berinteraksi dengan masyarakat lokal yang ramah. Anda juga bisa menginap di penginapan-penginapan yang tersedia di sini, mulai dari rumah-rumah adat, villa, hingga homestay. Harga sewa penginapan di sini bervariasi, tergantung dari fasilitas dan lokasinya.

BACA JUGA  Gambar Tempat-Tempat Terindah di Dunia

2. Kota Batu, Jawa Timur

Kota Batu adalah sebuah kota kecil yang berada di sebelah barat laut Kota Malang, Jawa Timur. Kota ini berada di daerah pegunungan, dengan ketinggian antara 700-1700 mdpl. Karena itu, suhu udara di sini sangat dingin, bisa mencapai 10-15 derajat Celsius pada malam hari. Kota Batu mendapat julukan "Swiss Kecil" atau "Swiss van Java", karena memiliki keindahan alam yang luar biasa, seperti pegunungan, lembah, danau, hingga kebun-kebun buah yang subur.

Kota Batu juga memiliki banyak tempat wisata yang menarik dan variatif, baik yang alami maupun buatan. Beberapa tempat wisata yang populer di sini adalah Jatim Park, Museum Angkut, Batu Secret Zoo, Coban Rondo, Paralayang, Selecta, dan masih banyak lagi. Anda juga bisa mencicipi berbagai kuliner khas Kota Batu, seperti apel, stroberi, susu, sate kelinci, bakso, dan lain-lain. Kota Batu juga memiliki banyak pilihan penginapan, mulai dari hotel, resort, villa, hingga homestay, dengan harga yang terjangkau.

3. Gunung Bromo, Jawa Timur

Gunung Bromo adalah salah satu gunung berapi aktif yang berada di Jawa Timur, tepatnya di perbatasan antara Kabupaten Malang, Lumajang, dan Probolinggo. Gunung ini memiliki ketinggian 2329 mdpl, dan merupakan bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Gunung Bromo terkenal dengan keindahan sunrise-nya, yang bisa disaksikan dari puncak Penanjakan, sebuah bukit yang berada di sebelah utara Gunung Bromo. Dari sini, Anda bisa melihat pemandangan yang spektakuler, yaitu matahari terbit di antara awan, dengan latar belakang Gunung Bromo, Gunung Batok, dan Gunung Semeru.

Gunung Bromo juga memiliki padang rumput yang luas dan hijau, yang disebut sebagai Bukit Teletubbies, karena mirip dengan lokasi syuting serial anak-anak Teletubbies. Padang rumput ini juga bisa disandingkan dengan perbukitan hijau di Swiss, yang sering menjadi tempat penggembalaan sapi dan domba. Di sini, Anda bisa berfoto dengan latar belakang Gunung Bromo, atau menyewa kuda untuk berkeliling. Anda juga bisa mengunjungi Kawah Bromo, yang merupakan pusat aktivitas gunung berapi, dengan menyewa jeep atau berjalan kaki. Di sini, Anda bisa melihat asap belerang yang keluar dari kawah, dan merasakan getaran dari dalam perut bumi.

BACA JUGA  Kelebihan dan Kekurangan Alat Pembayaran Non Tunai

Itulah tiga destinasi wisata di Indonesia yang mirip dengan Swiss, yang bisa Anda kunjungi untuk merasakan sensasi berwisata ke negeri Alpen. Semoga artikel ini bermanfaat dan menginspirasi Anda untuk berwisata ke tempat-tempat tersebut. Selamat berlibur!

: 8 Tempat Wisata Indonesia Mirip Swiss – TempatWisataUnik.com
: 3 Destinasi Wisata di Indonesia yang Mirip Swiss, Keindahannya Alami – Indozone Travel News
: Kota Batu, Swiss Kecil di Jawa Timur – Kompas.com
: Wisata Gunung Bromo, Golden Swiss di Jawa Timur – IDN Times

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment

Ads - Before Footer