Otak-Otak Bandeng Bu Muzanah: Warisan Kuliner Kota Gresik

Rini Diana Wati

Otak-otak bandeng merupakan salah satu makanan khas Kota Gresik yang terkenal dengan kelezatannya. Salah satu produsen otak-otak bandeng yang paling terkenal adalah Bu Muzanah. Berikut adalah ulasan mendetail tentang otak-otak bandeng Bu Muzanah, yang tidak hanya menjadi oleh-oleh favorit tapi juga cerminan dari kekayaan kuliner Indonesia.

Sejarah dan Asal Usul

Otak-otak bandeng Bu Muzanah bermula dari penjualan otak-otak bandeng yang laris manis di Kota Gresik. Kota Gresik sendiri dikenal sebagai pusat penghasil bandeng berkualitas karena letaknya yang berada di pesisir Utara pantai Jawa, sehingga bandeng yang dihasilkan tidak memiliki bau tanah yang kuat.

Proses Pembuatan

Proses pembuatan otak-otak bandeng di Bu Muzanah cukup unik. Daging bandeng diambil dan dipisahkan dari kulit serta kepala yang masih utuh. Daging yang sudah diambil kemudian dipisahkan dari duri-duri kecil dan dihaluskan bersama bumbu. Setelah itu, daging halus tersebut dimasukkan kembali ke dalam kulit ikan.

Varian Produk

Di toko oleh-oleh Bu Muzanah, tidak hanya otak-otak bandeng yang dijual. Ada berbagai macam olahan bandeng lainnya seperti bandeng bakar dan bandeng asap. Selain itu, ada juga oleh-oleh khas Gresik lainnya seperti pudak, jubung, ayas, ubus, kripik rasa krawu, dan kripik pedas.

Pengalaman Berkunjung

Ketika berkunjung ke toko oleh-oleh Bu Muzanah, pengunjung bisa melihat otak-otak bandeng yang masih fresh dikirim dari tempat pembakaran. Toko ini selalu ramai, terutama pada hari Minggu, yang bisa menyebabkan kemacetan di jalan.

Keunikan Rasa

Otak-otak bandeng Bu Muzanah tidak dibakar melainkan diasap, membuatnya lebih padat dan tahan lama. Rasanya yang pedas dan sedikit manis dengan warna merah bata gelap dari bumbu yang digunakan, memberikan sensasi rasa tradisional yang pas di lidah.

BACA JUGA  Pilihan Kaldu Bubuk Terbaik untuk Si Kecil: Nutrisi dan Kelezatan dalam Setiap Sendok

Kesimpulan

Otak-otak bandeng Bu Muzanah tidak hanya sekedar makanan, tetapi juga bagian dari warisan budaya kuliner Gresik yang patut diapresiasi. Dengan proses pembuatan yang unik dan rasa yang khas, otak-otak bandeng Bu Muzanah layak menjadi destinasi kuliner bagi siapa saja yang berkunjung ke Kota Gresik.

Untuk informasi lebih lanjut tentang otak-otak bandeng Bu Muzanah, Anda dapat mengunjungi situs web resmi atau toko oleh-oleh Bu Muzanah di Kota Gresik.

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment

Ads - Before Footer