Negara Paling Aman di Dunia: Tempat Terbaik untuk Ketenangan dan Keamanan

Hendry Juanda

Ketika berbicara tentang keamanan, beberapa negara menonjol sebagai contoh terbaik dari tempat-tempat di mana keamanan dan kedamaian adalah prioritas utama. Berdasarkan Global Peace Index (GPI) tahun 2023, berikut adalah daftar 10 negara paling aman di dunia:

Peringkat Negara Skor GPI
1 Islandia 1.12
2 Denmark 1.31
3 Irlandia 1.31
4 Selandia Baru 1.31
5 Austria 1.32
6 Singapura 1.33
7 Portugal 1.33
8 Slovenia 1.33
9 Jepang 1.34
10 Swiss 1.34

GPI mengukur keamanan suatu negara dengan menggunakan berbagai indikator seperti tingkat konflik, keamanan masyarakat, dan potensi aksi teroris. Negara dengan skor GPI yang lebih rendah dianggap lebih aman.

Mayoritas negara dalam daftar ini berasal dari Benua Eropa, dengan dua pengecualian dari Asia, yaitu Singapura dan Jepang. Ini menunjukkan bahwa Eropa secara umum merupakan benua yang sangat aman, dengan negara-negara Nordik seperti Islandia dan Denmark yang secara konsisten menempati peringkat atas dalam hal keamanan.

Indonesia, negara dengan populasi besar dan beragam, menempati peringkat ke-53 dengan skor GPI 1.829. Meskipun tidak masuk dalam 10 besar, posisi ini menunjukkan bahwa Indonesia adalah negara yang relatif aman dibandingkan dengan banyak negara lainnya di dunia.

Keamanan suatu negara sering kali berkorelasi dengan tingkat kekayaan, kesejahteraan sosial, dan pendidikan. Negara-negara yang aman biasanya memiliki sistem peradilan pidana yang efektif dan pemerintahan yang menjaga hubungan yang baik dengan warganya.

Dalam mencari tempat tinggal atau berlibur, mempertimbangkan tingkat keamanan suatu negara adalah aspek penting. Daftar ini memberikan gambaran tentang negara-negara yang menawarkan kedamaian dan keamanan bagi warganya dan pengunjungnya.

Untuk informasi lebih lanjut tentang GPI dan metodologinya, Anda dapat mengunjungi situs resmi Vision of Humanity atau membaca laporan terbaru dari New York Post yang mendiskusikan GPI secara detail.

BACA JUGA  Ikan Peliharaan Tanpa Oksigen: Pilihan Ideal untuk Aquarium Anda

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment

Ads - Before Footer