Museum Sonobudoyo: Pintu Gerbang Menuju Warisan Budaya Jawa

Hendry Juanda

Museum Sonobudoyo tidak hanya sekedar tempat penyimpanan koleksi sejarah dan budaya, tetapi juga sebagai jendela yang menghubungkan masa lalu dengan masa kini. Berlokasi di hati kota Yogyakarta, museum ini menawarkan pengalaman yang mendalam akan kekayaan budaya Jawa, Madura, Bali, dan Lombok.

Informasi Umum

Alamat: Jln. Trikora no. 6, Yogyakarta Region, 55122.
Jam Operasional:

  • Selasa hingga Minggu: 08:00 – 15:30
  • Jumat: 08:00 – 14:00.

Harga Tiket Masuk

Museum Sonobudoyo menetapkan harga tiket masuk yang terjangkau untuk semua kalangan:

  • Dewasa: Rp3.000,-
  • Anak-anak: Rp2.500,-
  • Rombongan (Dewasa): Rp2.500,-
  • Rombongan (Anak-anak): Rp2.000,-
  • Wisatawan Asing: Rp5.000,-.

Koleksi dan Daya Tarik

Dengan koleksi yang mencapai 63.345 buah per Mei 2021, Museum Sonobudoyo memiliki sepuluh kategori koleksi yang meliputi geologi, biologi, etnografi, arkeologi, historika, numismatika, filologika, keramologika, senirupa, dan teknologi. Bangunan museum yang dirancang dengan arsitektur masjid Keraton Kasepuhan Cirebon ini juga menyediakan pagelaran wayang kulit, wayang topeng, dan wayang orang yang menambah keunikan pengalaman berkunjung.

Fasilitas Tambahan

Pengunjung juga dapat menikmati fasilitas lain seperti bioskop dan perpustakaan yang menambah nilai edukatif selama berada di museum.

Museum Sonobudoyo tidak hanya menyajikan koleksi yang berharga dari segi historis dan budaya, tetapi juga memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk menyelami lebih dalam tentang kebudayaan Jawa dan sekitarnya. Kunjungan ke museum ini akan menjadi perjalanan yang tak terlupakan bagi siapa saja yang ingin mengenal lebih jauh tentang warisan budaya Indonesia.

BACA JUGA  Model Rambut Sedang Wanita: Tren dan Tips untuk Tampilan yang Stylish

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment

Ads - Before Footer