Museum di Kota Bandung: Jendela Menuju Warisan dan Kecerdasan

Hendry Juanda

Bandung, yang sering disebut sebagai "Kota Kembang", tidak hanya terkenal dengan keindahan alam dan kuliner khasnya, tetapi juga dengan kekayaan budaya dan sejarah yang terpampang dalam berbagai museum di kota ini. Berikut adalah beberapa museum yang menarik untuk dikunjungi:

Museum Konferensi Asia-Afrika

Museum ini adalah saksi bisu dari Konferensi Asia-Afrika yang bersejarah, yang diadakan pada tahun 1955. Terletak di Jl. Asia Afrika no. 65, museum ini menyimpan dokumen dan foto dari peristiwa penting tersebut.

Jam Operasional:

  • Selasa – Kamis: 08:00 – 16:00
  • Jumat: 14:00 – 16:00
  • Sabtu – Minggu: 09:00 – 16:00

Museum Geologi

Dibuka pada tahun 1928, Museum Geologi menawarkan koleksi fosil, batuan, mineral, dan meteorit yang mengesankan, termasuk meteorit Sindanglaut yang jatuh pada tahun 1871.

Jam Operasional:

  • Senin – Kamis: 08:00 – 16:00
  • Sabtu – Minggu: 08:00 – 14:00

Museum Pos Indonesia

Terletak di Jalan Cilaki No.73, Museum Pos Indonesia mengisahkan perjalanan layanan pos di Indonesia dengan koleksi yang meliputi prangko kuno dan peralatan komunikasi.

Jam Operasional:

  • Hubungi (022) 4206195 untuk informasi lebih lanjut.

Selain ketiga museum di atas, Bandung juga memiliki Museum Sri Baduga yang menggambarkan sejarah Jawa Barat, Museum Mandala Wangsit Siliwangi yang berfokus pada perjuangan militer, dan banyak lagi. Setiap museum menawarkan pengalaman unik dan edukatif yang memperkaya pengetahuan tentang sejarah, sains, dan budaya.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai museum-museum di Bandung, kunjungi situs resmi atau hubungi langsung museum yang ingin Anda kunjungi. Bandung menantikan kedatangan Anda untuk menjelajahi dan mempelajari lebih dalam tentang warisan yang dimilikinya.

BACA JUGA  Camp di Situ Gunung: Menikmati Keindahan Alam di Tengah Hutan Pegunungan

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment

Ads - Before Footer