Misteri Suara Malam: Burung Penyanyi Gelap

Rini Diana Wati

Malam hari seringkali dianggap sebagai waktu yang sunyi dan tenang, namun bagi beberapa spesies burung, ini adalah saat yang tepat untuk menyuarakan nyanyian mereka. Dari suara merdu hingga nada-nada yang menyeramkan, burung-burung malam memiliki alasan tersendiri mengapa mereka aktif di waktu yang tidak biasa ini. Artikel ini akan mengulas beberapa spesies burung yang dikenal karena kebiasaan unik mereka berkicau di malam hari.

Cabak Kota: Sang Penyanyi Urban

Cabak Kota, atau dikenal juga sebagai savannah nightjar, adalah salah satu burung malam yang sering terdengar di perkotaan. Mereka memiliki kemampuan berkamuflase dalam gelap dan beradaptasi dengan lingkungan urban. Suara khas mereka yang berbunyi "chree-ik" berulang-ulang dengan nada tinggi seringkali dikaitkan dengan mitos dan kepercayaan lokal.

Northern Mockingbird: Melodi di Kegelapan

Northern Mockingbird terkenal dengan kemampuannya menirukan suara burung lain dan sering terdengar bernyanyi di malam hari di Amerika Utara. Burung ini biasanya bernyanyi untuk menarik pasangan dan dapat terus berkicau sepanjang malam, terutama yang muda dan belum kawin.

Common Nightingale: Serenade Malam yang Memikat

Common Nightingale atau burung bulbul memiliki repertoar kicauan yang sangat luas, dengan lebih dari 1.000 kicauan berbeda. Jantan dari spesies ini dikenal akan berkicau semalaman suntuk untuk menarik perhatian betina.

Tabel Kebiasaan Burung Malam

Nama Burung Waktu Aktif Kicauan Khas Habitat
Cabak Kota Malam "chree-ik" berulang Perkotaan
Northern Mockingbird Malam Meniru suara lain Amerika Utara
Common Nightingale Malam >1.000 kicauan berbeda Eropa dan Asia Barat
BACA JUGA  Wisata Tangan Raksasa Jogja: Petualangan Seru di Hutan Pinus Pengger

Kebiasaan unik ini bukan hanya menarik dari segi biologis, tetapi juga telah menjadi bagian dari budaya dan folklore di berbagai belahan dunia. Meskipun seringkali dikaitkan dengan pertanda atau mitos, suara-suara ini sebenarnya adalah bagian dari siklus alami yang menakjubkan dari kehidupan burung-burung tersebut.

: IDN Times
: Kompas
: IDN Times

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment

Ads - Before Footer