Menjelajahi Museum-Museum di Jantung Kota Tua

Rini Diana Wati

Kota tua, dengan segala pesona sejarah dan budayanya, selalu memiliki daya tarik tersendiri bagi para pengunjung. Di tengah hiruk-pikuk kota modern, kawasan kota tua menawarkan sebuah perjalanan kembali ke masa lalu, dimana setiap sudutnya berbicara tentang cerita-cerita yang telah lama terukir. Salah satu cara terbaik untuk menyerap kekayaan sejarah ini adalah melalui museum-museum yang tersebar di sekitar kawasan tersebut.

Jakarta History Museum

Jakarta History Museum, atau yang lebih dikenal dengan Museum Fatahillah, merupakan salah satu ikon penting di kawasan Kota Tua Jakarta. Berlokasi di Taman Fatahillah No.1, museum ini menyimpan berbagai koleksi yang menceritakan tentang sejarah perkembangan DKI Jakarta. Gedung yang kini menjadi museum ini dulunya adalah Balaikota Batavia yang didirikan pada tahun 1707 hingga 1712 atas perintah Gubernur Jenderal Joan van Hoorn.

Jam Operasional dan Harga Tiket

Museum Fatahillah buka dari hari Selasa hingga Minggu, pukul 09:00 – 15:00. Harga tiket masuk sangat terjangkau, yaitu Rp 5.000 untuk dewasa, Rp 2.000 untuk anak-anak, dan Rp 3.000 untuk wisatawan yang menunjukkan kartu mahasiswa.

Koleksi dan Pameran

Pengunjung dapat menemukan berbagai bukti sejarah DKI Jakarta di dalam area museum, termasuk replika peninggalan masa Tarumanegara dan Pajajaran, hasil penggalian arkeologi di DKI Jakarta, mebel antik, gerabah, batu prasasti, dan lainnya.

Konsorsium Pembangunan Kota Tua Jakarta

Selain museum, terdapat juga Konsorsium Pembangunan Kota Tua Jakarta yang berfokus pada revitalisasi kawasan Kota Tua. Organisasi ini berlokasi di Jl. Kali Besar Timur 4 Blok Cipta Niaga No.37 dan memiliki jam operasional mulai pukul 17:00 – 00:00 setiap hari.

BACA JUGA  Pesona Sejarah di Lereng Gunung Ungaran: Candi Gedong Songo

Cafe Batavia

Tidak lengkap rasanya mengunjungi kota tua tanpa menikmati kuliner khas daerah tersebut. Cafe Batavia, yang terletak di Jl. Pintu Besar Utara 14, menawarkan pengalaman bersantap di gedung bersejarah dengan desain interior kolonial Belanda. Cafe ini buka setiap hari, dengan jam operasional yang lebih panjang pada akhir pekan.

Ulasan dan Rating

Cafe Batavia mendapatkan rating yang baik, yaitu 4.0, dengan ulasan yang menyoroti pengalaman bersantap historis yang ditawarkannya.

Tabel Informasi Museum dan Atraksi di Kota Tua

Nama Tempat Alamat Jam Operasional Rating Harga Tiket
Museum Fatahillah Taman Fatahillah No.1 Selasa-Minggu 09:00-15:00 4.5 Rp 5.000 (Dewasa)
Konsorsium Pembangunan Kota Tua Jl. Kali Besar Timur 4 Setiap Hari 17:00-00:00 4.7
Cafe Batavia Jl. Pintu Besar Utara 14 Senin-Kamis 08:00-00:00, Jumat-Minggu 08:00-02:00 4.0

Kawasan kota tua tidak hanya menawarkan pengalaman sejarah melalui museum-museumnya, tetapi juga melalui berbagai atraksi dan kegiatan yang dapat dinikmati oleh pengunjung dari segala usia. Dari menikmati kuliner khas hingga berjalan-jalan di sekitar bangunan bersejarah, kota tua selalu memiliki sesuatu yang baru untuk ditemukan. Jadi, jika Anda berkesempatan mengunjungi kawasan ini, pastikan untuk menyempatkan diri menjelajahi museum-museum yang telah menjadi saksi bisu perjalanan waktu..

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment

Ads - Before Footer