Masjid-Masjid Terkemuka Dunia: Keindahan, Sejarah, dan Arsitektur

Hendry Juanda

Masjid tidak hanya tempat ibadah bagi umat Islam; mereka juga simbol keindahan arsitektural, kekayaan sejarah, dan pusat komunitas. Dari Timur Tengah hingga Asia Tenggara, setiap masjid memiliki cerita unik yang terkait dengan desain dan fungsinya. Berikut adalah ulasan beberapa masjid terkenal di dunia, lengkap dengan informasi dan tabel data yang relevan.

Masjid al-Haram (Mekkah, Arab Saudi)

Masjid al-Haram di Mekkah adalah masjid terbesar di dunia dan merupakan lokasi paling suci dalam Islam. Masjid ini dibangun mengelilingi Ka’bah, yang merupakan kiblat bagi umat Islam di seluruh dunia.

Masjid Nabawi (Madinah, Arab Saudi)

Masjid Nabawi, didirikan oleh Nabi Muhammad SAW sendiri, adalah masjid kedua terbesar di dunia setelah Masjid al-Haram. Masjid ini juga merupakan situs penting bagi umat Islam karena di sini terdapat makam Nabi Muhammad SAW.

Sheikh Zayed Grand Mosque (Abu Dhabi, UEA)

Sheikh Zayed Grand Mosque di Abu Dhabi adalah salah satu masjid terbesar di dunia dan merupakan contoh sempurna dari arsitektur Islam modern. Masjid ini dinamai menurut pendirinya, Sheikh Zayed bin Sultan Al Nahyan, dan juga merupakan tempat peristirahatan terakhirnya.

Masjid Qolsharif (Kazan, Rusia)

Masjid Qolsharif, terletak di Kazan, adalah pusat utama aktivitas Islam dan pencerahan agama di Rusia dan Eropa (di luar Turki). Masjid ini merupakan rekreasi dari masjid multi-menara di ibu kota Khanate Kazan yang hancur pada tahun 1552.

Masjid Umayyad (Damaskus, Suriah)

Masjid Umayyad, juga dikenal sebagai Masjid Agung Damaskus, adalah masjid batu tertua yang masih berdiri hingga hari ini. Dibangun antara tahun 705-715 oleh Khalifah Umayyah Al-Walid I.

BACA JUGA  Tanaman Herbal untuk Gula Darah

Masjid Badshahi (Lahore, Pakistan)

Masjid Badshahi, atau "Masjid Kaisar", terletak di jantung Lahore dan merupakan salah satu masjid terbesar di dunia. Masjid ini merupakan contoh arsitektur Mughal yang megah dan telah menjadi saksi bisu sejarah panjang kota Lahore.

Tabel Data Masjid Terkenal

Nama Masjid Lokasi Kapasitas Tahun Dibangun
Masjid al-Haram Mekkah, Arab Saudi 4 juta+ Era Abraham
Masjid Nabawi Madinah, Arab Saudi 1 juta+ 622 M
Sheikh Zayed Grand Mosque Abu Dhabi, UEA 41,000 2007
Masjid Qolsharif Kazan, Rusia Tidak diketahui 2005 (rekonstruksi)
Masjid Umayyad Damaskus, Suriah Tidak diketahui 705-715
Masjid Badshahi Lahore, Pakistan 55,000 1673

Masjid-masjid ini tidak hanya penting secara religius tetapi juga merupakan karya seni arsitektur yang menakjubkan, mencerminkan kekayaan budaya dan sejarah Islam. Kunjungan ke salah satu dari masjid-masjid ini menawarkan pengalaman yang mendalam dan memperkaya pengetahuan tentang keagungan peradaban Islam.

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment

Ads - Before Footer