Makanan Penyembuh untuk Batuk yang Mengganggu

Hendry Juanda

Batuk tidak hanya mengganggu, tetapi juga bisa menjadi tanda dari berbagai kondisi kesehatan. Memilih makanan yang tepat dapat membantu meredakan batuk dan mempercepat proses penyembuhan. Berikut adalah beberapa makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi saat mengalami batuk:

1. Sup Ayam

Makanan hangat seperti sup ayam dapat melegakan tenggorokan dan membantu mengatasi tenggorokan gatal dan kering yang memicu batuk terus-menerus. Kuah sup ayam juga dapat mengencerkan dahak di tenggorokan, sementara kandungan elektrolitnya membantu mencegah dehidrasi.

2. Madu

Madu memiliki sifat analgesik dan antibakteri yang dapat mengurangi peradangan akibat infeksi di saluran napas, menjadikannya obat alami yang efektif untuk batuk. Anda bisa menambahkan madu ke dalam air rebusan jahe untuk mendapatkan manfaat maksimal.

3. Kaldu Tulang

Kaldu tulang kaya akan mineral seperti folat, kalsium, dan fosfor yang membantu memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh saat sakit. Kuah hangatnya juga memberikan efek melegakan dan dapat melarutkan dahak.

4. Jahe

Jahe bersifat antiradang dan mengandung antioksidan yang kuat, sehingga dapat meredakan batuk sekaligus nyeri tenggorokan.

5. Lemon

Lemon sering diracik bersama madu dan air hangat sebagai obat sakit tenggorokan alami. Kandungan antimikroba dalam lemon dapat melawan infeksi bakteri yang memicu batuk.

6. Nanas

Nanas mengandung bromelain yang dapat mengurangi peradangan dan rasa tidak nyaman pada tenggorokan. Vitamin C dalam nanas juga berguna untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Selain makanan di atas, ada baiknya menghindari makanan yang dapat memperparah batuk, seperti makanan yang terlalu pedas atau asam yang bisa mengiritasi tenggorokan. Pastikan juga untuk mengonsumsi banyak cairan untuk membantu mengencerkan dahak dan memudahkan pengeluarannya.

BACA JUGA  Hotel Honeymoon Lembang Bandung

: Hello Sehat
: Alodokter

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment

Ads - Before Footer