Makanan Khas Sulawesi Selatan: Kelezatan yang Memikat Hati

Hendry Juanda

Sulawesi Selatan, sebuah provinsi di Indonesia, terkenal dengan kekayaan kuliner yang menggugah selera. Berikut adalah ulasan mendetail tentang beberapa makanan khas yang tidak hanya populer di daerah asalnya tetapi juga telah memikat hati pencinta kuliner di mana pun.

Pisang Epe: Manisnya Khas Pantai Losari

Pisang Epe adalah makanan khas yang sering ditemukan di kawasan Pantai Losari, Makassar. Pisang raja yang dibakar dan dipipihkan ini disajikan dengan topping gula merah cair, keju, cokelat, atau susu. Harganya yang terjangkau, mulai dari Rp 10.000 hingga Rp 15.000, membuatnya menjadi favorit banyak orang.

Es Pisang Ijo: Segarnya Siang Bolong

Es Pisang Ijo merupakan hidangan penutup yang menyegarkan, terbuat dari pisang kukus yang dibalut kulit dadar hijau dan disajikan dengan kuah santan kental. Hidangan ini biasanya dinikmati dengan sirup dan serutan es batu, dengan harga yang juga ramah di kantong.

Barongko: Kudapan Manis Penuh Tradisi

Barongko, kudapan manis yang terbuat dari pisang, gula pasir, telur, santan kental, dan vanili, adalah sajian wajib dalam acara istimewa di Sulawesi Selatan. Kudapan ini dapat ditemukan di toko-toko kue tradisional di Makassar.

Coto Makassar: Kuah Kaya Rempah

Coto Makassar adalah hidangan berkuah yang terbuat dari jeroan dan daging sapi, direbus bersama kacang tanah yang dihaluskan dan bumbu rempah khas. Biasanya disajikan dengan ketupat atau buras, Coto Makassar adalah pengalaman kuliner yang tak terlupakan bagi siapa saja yang mencobanya.

BACA JUGA  Ciri-Ciri Anak Disleksia: Mengenali Tanda Awal untuk Dukungan yang Tepat

Jalangkote: Pastel Gurih Khas Makassar

Mirip dengan pastel, Jalangkote adalah kue yang berisi campuran wortel, kentang, so’un, telur rebus, dan daging. Perbedaannya terletak pada kulit yang lebih tebal dan cara penyajiannya dengan saus cuka dan cabe.

Sop Konro: Sup Iga Sapi yang Menghangatkan

Sop Konro adalah sup yang terbuat dari iga sapi atau daging sapi yang direbus dengan rempah-rempah seperti ketumbar. Dengan warna kecoklatan dan rasa yang kuat, Sop Konro sering disajikan dengan konro bakar, daging iga sapi yang dibakar dan disajikan dengan kuah sup.

Nasu Palekko: Gurihnya Daging Bebek

Nasu Palekko adalah hidangan yang terbuat dari daging bebek atau sapi yang dibumbui hingga rasanya mirip dengan rendang. Lebih populer dengan daging bebek, Nasu Palekko adalah pilihan yang empuk dan gurih bagi pecinta daging.

Makanan khas Sulawesi Selatan adalah representasi dari kekayaan budaya dan tradisi kuliner daerah tersebut. Setiap hidangan memiliki cerita dan keunikan tersendiri yang menjadikannya lebih dari sekadar makanan; ini adalah warisan yang terus dijaga dan dinikmati oleh generasi saat ini dan yang akan datang.

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment

Ads - Before Footer