Makanan Khas Klaten: Kelezatan yang Menggugah Selera

Rini Diana Wati

Klaten, sebuah kabupaten di Jawa Tengah, terkenal dengan kekayaan kuliner yang menggugah selera. Berikut adalah ulasan mendetail tentang beberapa makanan khas Klaten yang wajib Anda coba.

Sego Gudangan

Sego Gudangan adalah nasi yang disajikan dengan aneka sayur dan acar, memberikan kesan segar dan menyehatkan. Harga sekitar Rp3.000 per porsi.

Sego Wiwit

Sego Wiwit biasanya disajikan saat tradisi Selamatan atau Sedekah Bumi. Terdiri dari nasi, sayur, lauk, dan lalapan dengan harga sekitar Rp7.000 per porsi.

Nasi Trancam

Nasi Trancam menawarkan isian sehat dan segar seperti kacang panjang, kol, mentimun, dan petai cina, dengan tambahan parutan kelapa yang sudah diberi bumbu pedas.

Bakmi Miroso

Bakmi Miroso adalah salah satu makanan khas yang tidak boleh dilewatkan. Terbuat dari mie yang disajikan dengan kuah khas dan bumbu yang meresap.

Swike Kodok

Swike Kodok adalah hidangan yang terbuat dari daging kodok, biasanya disajikan dengan kuah yang gurih dan sedikit pedas.

Soto Bebek dan Bebek Bacem

Soto Bebek dan Bebek Bacem adalah dua hidangan bebek yang populer di Klaten. Soto Bebek adalah soto dengan daging bebek, sedangkan Bebek Bacem adalah bebek yang dimasak dengan bumbu bacem yang manis dan gurih.

Keripik Belut

Keripik Belut adalah snack yang renyah dan gurih, cocok untuk dijadikan teman ngemil.

Dawet Bayat

Dawet Bayat adalah minuman segar yang terbuat dari cendol, santan, dan gula jawa, sering dijadikan pelepas dahaga di siang hari.

Geplak Khas Klaten

Geplak adalah makanan manis yang terbuat dari kelapa dan gula, biasanya berwarna-warni dan memiliki tekstur yang lembut.

BACA JUGA  Generasi dan Zaman: Sebuah Perjalanan Melintasi Tahun

Sate Kambing Klaten

Sate Kambing Klaten adalah sate yang dibuat dari daging kambing dengan bumbu khas yang meresap, menjadikannya sangat lezat dan nikmat.

Berikut adalah tabel yang merangkum informasi tentang makanan khas Klaten:

No Makanan Khas Deskripsi Harga Kira-kira
1 Sego Gudangan Nasi dengan sayur dan acar Rp3.000
2 Sego Wiwit Nasi dengan sayur dan lauk Rp7.000
3 Nasi Trancam Nasi dengan sayuran segar dan bumbu pedas
4 Bakmi Miroso Mie dengan kuah khas
5 Swike Kodok Daging kodok dengan kuah gurih
6 Soto Bebek Soto dengan daging bebek
7 Bebek Bacem Bebek dengan bumbu bacem
8 Keripik Belut Snack renyah dari belut
9 Dawet Bayat Minuman segar dari cendol dan santan
10 Geplak Makanan manis dari kelapa dan gula
11 Sate Kambing Sate daging kambing dengan bumbu khas

Klaten menawarkan beragam pilihan kuliner yang tidak hanya lezat tetapi juga kaya akan nilai budaya. Jika Anda berkunjung ke Jawa Tengah, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi keunikan rasa dari makanan khas Klaten ini. Selamat menikmati!

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment

Ads - Before Footer