Labuan Cermin: Danau Ajaib dengan Dua Rasa di Kalimantan Timur

Hendry Juanda

Labuan Cermin, atau yang sering disebut sebagai "Danau Dua Rasa", adalah sebuah fenomena alam yang menakjubkan yang terletak di Desa Labuan Kelambu, Kecamatan Biduk-biduk, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Danau ini unik karena memiliki dua lapisan air dengan rasa yang berbeda: tawar di permukaan dan asin di dasar, sebuah karakteristik yang dikenal sebagai danau meromiktik.

Keindahan Alam yang Memukau

Dikelilingi oleh hutan yang masih asri, Labuan Cermin menawarkan pemandangan yang sangat menenangkan. Airnya yang jernih memungkinkan pengunjung untuk melihat dasar danau dengan sangat jelas, sehingga dinamakan "Labuan Cermin" yang berarti "pelabuhan cermin" karena kemampuannya memantulkan cahaya seperti cermin.

Perjalanan Menuju Danau

Untuk mencapai Labuan Cermin, pengunjung harus melakukan perjalanan darat selama 6 hingga 7 jam dari ibukota Kabupaten Berau, Tanjung Redeb. Setelah itu, pengunjung harus menyewa kapal dari dermaga dengan harga yang terjangkau, terutama jika datang bersama rombongan.

Konservasi dan Pariwisata

Labuan Cermin tidak hanya menawarkan keindahan alam, tetapi juga merupakan bagian dari upaya konservasi. Bupati setempat telah menetapkan kawasan ini sebagai kawasan lindung dan mengembangkan infrastruktur untuk mendukung pariwisata yang berkelanjutan.

Kesimpulan

Danau Labuan Cermin adalah salah satu permata tersembunyi di Kalimantan Timur yang menawarkan pengalaman unik dan mempesona bagi setiap pengunjung. Keunikan dua rasa airnya dan kejernihan yang luar biasa menjadikannya destinasi yang wajib dikunjungi bagi pecinta alam dan wisatawan yang mencari ketenangan.

: Indonesia Kaya – Danau Cantik Dua Rasa, Danau Labuan Cermin
: Wikipedia – Danau Labuan Cermin

BACA JUGA  Biaya Umroh Fatimah Zahra Semarang 2017: Ulasan Lengkap

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment

Ads - Before Footer