Kursi Kereta Logawa Ekonomi: Kenyamanan Terjangkau dalam Perjalanan Panjang

Rini Diana Wati

Kereta api telah lama menjadi pilihan transportasi yang populer di Indonesia, terutama untuk perjalanan jarak jauh. Dengan pilihan kelas yang beragam, penumpang dapat memilih sesuai dengan kebutuhan dan anggaran mereka. Salah satu kelas yang banyak diminati adalah kelas ekonomi, khususnya pada Kereta Api Logawa. Artikel ini akan mengulas secara detail tentang kursi kereta Logawa ekonomi, memberikan informasi yang relevan dan terkini untuk calon penumpang.

Kenyamanan Baru di Kelas Ekonomi

Kelas ekonomi pada Kereta Api Logawa kini telah mengalami perubahan signifikan. PT Kereta Api Indonesia (KAI) telah memperkenalkan kursi ekonomi premium yang menawarkan kenyamanan lebih bagi penumpang. Berbeda dengan kursi ekonomi reguler yang menerapkan model 45 derajat atau menyiku, kursi ekonomi premium memiliki sandaran layaknya kursi kelas eksekutif. Ini merupakan langkah besar dalam meningkatkan pengalaman penumpang selama perjalanan.

Peremajaan Kursi untuk Kenyamanan Maksimal

KAI telah melakukan peremajaan kursi pada 96 kereta ekonomi menjadi kursi ekonomi premium. Proses ini dilakukan secara bertahap, dimulai dari tahun 2020 dengan penggantian pada 4 kereta, dilanjutkan pada tahun 2021 sebanyak 14 kereta, dan di tahun 2022 sebanyak 78 kereta. Tujuan dari peremajaan ini adalah untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan, terutama saat melakukan perjalanan jauh.

Fasilitas dan Kapasitas

Kursi ekonomi premium tidak hanya menawarkan sandaran yang nyaman tetapi juga kapasitas yang lebih luas dibandingkan dengan kelas eksekutif. KA eksekutif memiliki kapasitas tempat duduk sebanyak 50 kursi, sementara kapasitas KA ekonomi premium sebanyak 80 kursi dan kapasitas KA ekonomi reguler sebanyak 106 kursi. Selain itu, KAI juga menyediakan berbagai fasilitas kelas pelayanan untuk penumpang selama di perjalanan.

BACA JUGA  Pantai di Papua yang Terkenal

Tabel Perbandingan Kursi Kereta Ekonomi

Berikut adalah tabel yang membandingkan kursi kereta ekonomi reguler, ekonomi premium, dan eksekutif:

Kelas Kereta Kapasitas Kursi Sandaran Fasilitas Tambahan
Eksekutif 50 Ya Fasilitas Lengkap
Ekonomi Premium 80 Ya Sandaran Reclining
Ekonomi Reguler 106 Tidak

Kesimpulan

Perubahan yang dilakukan oleh PT KAI pada kursi kereta ekonomi, khususnya pada Kereta Api Logawa, menunjukkan komitmen mereka dalam meningkatkan kualitas pelayanan. Kursi ekonomi premium merupakan solusi bagi penumpang yang menginginkan kenyamanan tanpa harus mengeluarkan biaya lebih. Dengan adanya inovasi ini, diharapkan pengalaman perjalanan dengan kereta api akan menjadi lebih menyenangkan dan dapat diakses oleh lebih banyak orang.

: Kompas.com

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment

Ads - Before Footer