Kue Kering Khas Jawa Barat: Ragam Rasa dalam Gigitan Tradisional

Hendry Juanda

Jawa Barat, sebuah provinsi di Indonesia, terkenal dengan kekayaan kuliner tradisionalnya, termasuk kue kering yang memiliki cita rasa unik dan beragam. Berikut adalah informasi terbaru dan relevan tentang beberapa kue kering khas Jawa Barat yang patut Anda coba.

Serabi/Surabi

Serabi, juga dikenal sebagai surabi, adalah salah satu kue Jawa Barat yang populer. Terbuat dari tepung beras dan dimasak menggunakan tungku, serabi biasanya disajikan polos atau dengan topping oncom dan telur. Kini, serabi juga tersedia dengan topping modern seperti sosis, keju, cokelat, dan mayones.

Combro

Combro adalah kue yang dibuat dari singkong halus dengan isian oncom, digoreng hingga kecoklatan. Bentuknya yang lonjong dan tekstur luarnya yang renyah membuatnya cocok disantap hangat sebagai cemilan atau buah tangan.

Misro

Mirip dengan combro, misro dibuat dari singkong dengan isian gula merah cair. Sensasi manis dan lumer dari gula merah menjadi kejutan saat pertama kali menggigit kue ini.

Bandros

Bandros adalah kue yang terbuat dari tepung beras, kelapa parut, santan, dan daun suji. Dicetak dalam bentuk setengah lingkaran, bandros hadir dalam dua varian: manis dengan campuran gula dan asin. Kini, bandros juga menawarkan rasa kekinian seperti keju dan cokelat.

Nagasari

Nagasari, kue yang terbuat dari tepung beras, gula, santan, dan tepung sagu, menawarkan tekstur lembut dan rasa manis yang khas.

Tabel Kue Kering Khas Jawa Barat

No Nama Kue Bahan Utama Ciri Khas
1 Serabi Tepung beras Topping beragam, dimasak di tungku
2 Combro Singkong Isian oncom, bentuk lonjong
3 Misro Singkong Isian gula merah cair
4 Bandros Tepung beras Varian rasa, bentuk setengah lingkaran
5 Nagasari Tepung beras Tekstur lembut, rasa manis
BACA JUGA  Body Rafting: Petualangan Arus Sungai dengan Tubuh Anda

Kue-kue ini tidak hanya menawarkan rasa yang lezat tetapi juga pengalaman budaya yang kaya. Mencicipi kue kering khas Jawa Barat adalah cara yang menyenangkan untuk mengeksplorasi tradisi dan inovasi kuliner daerah tersebut.

: Keluyuran

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment

Ads - Before Footer