Kue Gapit Khas Cirebon: Warisan Kuliner yang Tak Lekang oleh Zaman

Hendry Juanda

Kue Gapit, camilan tradisional khas Cirebon, terus memikat hati pecinta kuliner dengan teksturnya yang renyah dan beragam varian rasa. Berikut adalah ulasan lengkap tentang Kue Gapit yang telah menjadi bagian dari warisan budaya Cirebon.

Sejarah dan Filosofi

Kue Gapit dikenal sebagai salah satu makanan ringan yang wajib dicoba ketika berkunjung ke Cirebon. Camilan ini tidak hanya lezat tetapi juga mengandung nilai-nilai budaya yang mendalam. Dibuat dari tepung tapioka, Kue Gapit memiliki bentuk yang sangat tipis dan renyah, sering disandingkan dengan Kue Semprit sebagai ikon kuliner Cirebon.

Proses Pembuatan

Keunikan Kue Gapit terletak pada proses pembuatannya yang menggunakan dua lempengan besi panas untuk memanggang, sehingga menciptakan tekstur yang khas. Cara tradisional ini telah diwariskan turun-temurun dan menjadi ciri khas yang membedakan Kue Gapit dari camilan lainnya.

Variasi Rasa

Kue Gapit hadir dalam berbagai varian rasa untuk memenuhi selera yang beragam. Beberapa varian yang populer antara lain:

  • Original
  • Balado
  • Bawang
  • Udang
  • Manis
  • Kacang
  • Keju

Setiap varian menawarkan pengalaman rasa yang unik dan memanjakan lidah.

Ketersediaan dan Harga

Kue Gapit dapat ditemukan di berbagai pusat oleh-oleh di Cirebon, menawarkan kemudahan bagi para wisatawan untuk membawa pulang camilan khas ini. Harganya yang terjangkau membuat Kue Gapit tidak hanya populer sebagai camilan tetapi juga sebagai oleh-oleh yang merakyat.

Tabel Nutrisi

Saat ini, informasi tabel nutrisi untuk Kue Gapit belum tersedia. Namun, sebagai camilan yang terbuat dari tepung tapioka, Kue Gapit dapat dianggap sebagai sumber karbohidrat yang baik.

Kesimpulan

Kue Gapit Khas Cirebon adalah bukti kekayaan kuliner Indonesia yang patut dibanggakan. Dengan proses pembuatan yang unik dan varian rasa yang lezat, Kue Gapit tidak hanya menjadi camilan tetapi juga simbol budaya yang menghubungkan masa lalu dengan masa kini.

BACA JUGA  Bluder Cokro di Malang: Kelezatan yang Tak Lekang oleh Waktu

Untuk informasi lebih lanjut tentang Kue Gapit dan kuliner khas Cirebon lainnya, kunjungi JejakPiknik dan REFT Digital Blog untuk mendapatkan gambaran yang lebih mendalam tentang kekayaan kuliner Cirebon.

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment

Ads - Before Footer