Keunikan Arsitektur Rumah Adat NTT

Hendry Juanda

Nusa Tenggara Timur (NTT) adalah provinsi yang kaya akan keanekaragaman budaya dan tradisi, termasuk dalam hal arsitektur rumah adatnya. Berikut ini adalah ulasan mendetail tentang beberapa rumah adat yang menjadi simbol kekayaan budaya di NTT.

Mbaru Niang: Simbol Keharmonisan dengan Alam

Rumah adat Mbaru Niang merupakan salah satu rumah adat yang sangat eksotis dan terisolir di atas pegunungan di kampung Wae Rebo, Pulau Flores. Bentuknya yang kerucut dengan alas bundar mencerminkan keharmonisan dengan alam sekitar. Mbaru Niang tidak hanya berfungsi sebagai tempat tinggal tetapi juga sebagai simbol penghormatan masyarakat terhadap tujuh gunung yang mengelilingi dan melindungi area kampung.

Musalaki: Rumah Kepala Suku Ende Lio

Musalaki adalah rumah adat yang paling banyak tersebar di NTT. Berbentuk segi empat dengan atap menjulang yang menyerupai layar perahu, rumah ini menggambarkan persatuan dengan Sang Pencipta dan menghormati nenek moyang suku Ende Lio yang menggunakan perahu dalam kehidupan sehari-hari.

Sao Ata Mosa Lakitana dan Sao Ngada: Warisan Budaya yang Terjaga

Sao Ata Mosa Lakitana dan Sao Ngada adalah dua jenis rumah adat lainnya yang mencerminkan keanekaragaman etnis di NTT. Sao dalam bahasa setempat berarti rumah adat, dan kedua rumah ini memiliki ciri khas yang berbeda sesuai dengan karakter suku masing-masing.

Upaya Pelestarian Rumah Adat

Dengan perkembangan budaya modern, penggunaan rumah adat ini semakin bergeser dan ditinggalkan. Namun, upaya preventif telah dilakukan untuk mencegah hilangnya rumah adat, seperti gerakan rumah asuh yang dimulai pada tahun 2008 dan program revitalisasi rumah Mbaru Niang di kampung Wae Rebo.

BACA JUGA  Sejarah Kota Tua Jakarta

NTT adalah contoh nyata dari bagaimana arsitektur tradisional dapat bertransformasi menjadi simbol identitas budaya yang kuat dan bagaimana pentingnya upaya pelestarian untuk menjaga warisan ini tetap hidup di tengah-tengah masyarakat modern..

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment

Ads - Before Footer