Kerang yang Bisa Dimakan: Kelezatan dari Lautan

Hendry Juanda

Kerang merupakan salah satu kekayaan laut yang tidak hanya menawarkan rasa yang lezat tetapi juga beragam manfaat kesehatan. Di Indonesia, kerang menjadi bagian dari berbagai hidangan tradisional dan modern. Berikut adalah informasi terbaru dan relevan tentang jenis-jenis kerang yang bisa dimakan dan cara mengolahnya.

Jenis-Jenis Kerang yang Bisa Dimakan

No Jenis Kerang Deskripsi Cara Pengolahan
1 Kerang Darah Dikenal juga sebagai kerang dara, memiliki daging berwarna oranye dan abu, kaya akan zat besi. Direbus dan disajikan dengan saus kacang atau cabai.
2 Kerang Hijau Memiliki cangkang berwarna hijau, bentuk pipih dan panjang. Direbus dengan bumbu kuning atau dibuat kerang hijau saus padang.
3 Kerang Bambu Bentuknya mirip bambu, dagingnya putih seperti udang. Dapat diolah menjadi masakan dengan bumbu tauco pedas atau dijadikan kaldu.
4 Kerang Tiram Berbentuk pipih dengan cangkang berwarna gelap, kaya akan nutrisi seperti zinc dan vitamin A. Biasanya disajikan mentah di atas es batu dengan air jeruk lemon.
5 Kerang Simping Berwarna cerah dan berbentuk pipih, aman dikonsumsi dalam kondisi mentah. Dikonsumsi mentah atau diolah sesuai selera.

Manfaat Kesehatan dari Kerang

Kerang tidak hanya enak tetapi juga menyediakan berbagai nutrisi penting. Misalnya, kerang hijau mengandung kalori yang setara dengan daging ayam, menjadikannya sumber protein yang baik. Kerang darah kaya akan zat besi yang membantu pembentukan sel darah merah. Kerang tiram, yang sering disajikan mentah, mengandung zinc, selenium, dan vitamin yang penting untuk sistem imun.

Resep Kreasi Kerang

Untuk menikmati kerang, ada banyak resep yang bisa dicoba. Berikut beberapa ide:

  • Kerang Dara Tumis: Tumis kerang dara dengan irisan cabai, jahe, lengkuas, dan bawang putih untuk menambah aroma.
  • Kerang Hijau Saus Padang: Kerang hijau yang direbus kemudian disajikan dengan saus padang yang kaya rasa.
  • Kerang Bambu Tauco Pedas: Kerang bambu yang ditumis dengan bumbu tauco pedas, memberikan rasa yang gurih dan manis.
BACA JUGA  Tips Skincare untuk Pemula

Kerang adalah pilihan makanan laut yang lezat dan bergizi. Dengan berbagai cara pengolahan, kerang bisa menjadi hidangan yang menarik dan menyehatkan. Selamat mencoba dan menikmati kelezatan kerang dari laut Indonesia!

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment

Ads - Before Footer