Kelezatan Warisan Serang: Oleh-Oleh Khas yang Memikat Hati

Hendry Juanda

Serang, sebuah kota yang terletak di Provinsi Banten, Indonesia, tidak hanya kaya akan sejarah dan keindahan alam, tetapi juga memiliki kekayaan kuliner yang memanjakan lidah. Bagi Anda yang berkunjung ke Serang, jangan lewatkan kesempatan untuk membawa pulang oleh-oleh khas yang akan menjadi kenangan manis dari perjalanan Anda. Berikut adalah beberapa oleh-oleh khas Serang yang wajib Anda coba:

Sambel Burog: Pedasnya Menggigit, Nikmatnya Menggugah

Sambel Burog adalah sambal unik yang terbuat dari kulit melinjo. Dengan rasa yang khas dan pedas, sambal ini cocok untuk menemani berbagai hidangan, memberikan sensasi rasa yang tak terlupakan.

Pasung Merah: Manis Legit Tradisi

Pasung Merah, kue basah yang terbuat dari tepung sagu, tepung beras, santan, dan gula merah, adalah pilihan tepat untuk oleh-oleh. Dikukus hingga matang, kue ini memiliki rasa manis dan tekstur yang legit, seringkali dikemas dengan daun pisang yang menambah keautentikan.

Sate Bandeng: Kuliner Legendaris Tanpa Tulang

Sate Bandeng merupakan salah satu kuliner legendaris Serang. Dikenal dengan teksturnya yang empuk dan rasa manis, sate ini cocok sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Menurut cerita, Sate Bandeng dulunya adalah makanan khusus para raja.

Emping Melinjo: Renyahnya Teman Bersantai

Emping Melinjo, makanan ringan yang terbuat dari biji melinjo, adalah camilan khas yang sempurna untuk menemani waktu santai Anda. Kini, emping balado dengan rasa pedas juga tersedia untuk Anda yang menyukai tantangan.

Kue Gipang: Keunikan Rasa yang Melegenda

Kue Gipang, kue yang terbuat dari campuran ketan dan air gula, menawarkan rasa manis yang khas dan tekstur yang renyah di mulut. Kue ini, yang merupakan bagian dari warisan kuliner Banten, kini hadir dengan varian rasa seperti pandan dan gula merah.

BACA JUGA  Ayam Goreng Bu Mayar Klaten: Kelezatan yang Tak Lekang oleh Waktu

Serang menawarkan lebih dari sekadar kuliner; kerajinan tangan seperti batik dan keramik juga merupakan pilihan oleh-oleh yang menarik. Jadi, saat Anda mengunjungi Serang, pastikan untuk menyempatkan diri mencari oleh-oleh khas yang akan membuat kenangan perjalanan Anda semakin berharga.

: IDN Times
: Keluyuran

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment

Ads - Before Footer