Kelezatan Warisan Kuliner: Kue Lapis Kukus Pahlawan

Hendry Juanda

Kue lapis kukus, sebuah karya kuliner yang menggugah selera, telah menjadi bagian dari warisan budaya Indonesia, khususnya di kota Surabaya. Salah satu varian yang paling terkenal adalah Kue Lapis Kukus Pahlawan, yang tidak hanya memanjakan lidah tetapi juga membawa cerita dan nilai historis kota Pahlawan.

Sejarah dan Penghargaan

Kue Lapis Kukus Pahlawan merupakan oleh-oleh khas Surabaya yang telah mendapatkan pengakuan melalui predikat The Best Oleh Oleh Surabaya di ajang Jawapos Culinary Awards tahun 2017 & 2018. Kue ini bukan hanya sekedar makanan, tetapi juga simbol dari kecintaan terhadap produk lokal yang berkualitas.

Komposisi dan Tekstur

Dibuat dari perpaduan tepung singkong dan tepung terigu, kue ini menciptakan citarasa yang khas dan tekstur yang lembut. Proses pengukusan yang menggunakan teknologi Jepang menjadikan Kue Lapis Kukus Pahlawan berbeda dengan kue lapis pada umumnya.

Varian Rasa

Kue ini hadir dalam berbagai varian rasa, mulai dari rasa original hingga cokelat lembut yang dilapisi dengan butter cream dan ditambah topping taburan keju yang melimpah. Setiap gigitan menawarkan pengalaman rasa yang unik dan memuaskan.

Tabel Nutrisi

Berikut adalah tabel nutrisi untuk Kue Lapis Kukus Pahlawan:

Bahan Baku Kandungan
Tepung Singkong Karbohidrat, Serat
Tepung Terigu Protein, Karbohidrat
Butter Cream Lemak, Gula
Keju Protein, Lemak, Kalsium

Kesimpulan

Kue Lapis Kukus Pahlawan tidak hanya lezat tetapi juga mengandung nilai historis dan budaya yang mendalam. Kue ini merupakan pilihan tepat bagi siapa saja yang ingin mencicipi kekayaan kuliner Indonesia sekaligus membawa pulang sebagian dari sejarah kota Surabaya.

BACA JUGA  Nasi Liwet Yu Sani Kabupaten Sukoharjo Jawa Tengah

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi situs resmi Lapis Kukus Pahlawan.

: Lapis Kukus Pahlawan – Situs Resmi
: Tentang Lapis Kukus Pahlawan – About
: Lapis Kukus Pahlawan – Produk

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment

Ads - Before Footer