Kelezatan Unik Bika Ambon: Kue Berongga nan Legendaris

Hendry Juanda

Bika Ambon adalah kue tradisional Indonesia yang terkenal dengan tekstur berongga mirip sarang lebah, rasa manis, dan aroma khas yang menggugah selera. Kue ini berasal dari Medan, Sumatera Utara, dan telah menjadi salah satu ikon kuliner kota tersebut. Nama "Bika Ambon" sendiri konon berasal dari lokasi pertama kali kue ini dijual, yaitu di persimpangan Jalan Ambon dan Jalan Sei Kera di Medan.

Bahan-Bahan Pembuatan Bika Ambon

Bika Ambon dibuat dari bahan-bahan sederhana namun menghasilkan cita rasa yang kompleks. Berikut adalah bahan-bahan utama yang digunakan:

  • Tepung Tapioka: Memberikan tekstur kenyal dan elastis.
  • Tepung Terigu: Menambah kepadatan pada kue.
  • Gula: Sebagai pemanis alami.
  • Santan: Memberikan rasa gurih dan aroma khas.
  • Telur: Mengikat bahan dan menambah tekstur lembut.
  • Ragi: Umumnya menggunakan ragi roti untuk fermentasi yang membantu pembentukan tekstur berongga.

Dalam resep tradisional, Bika Ambon seringkali menggunakan Tuak (minuman tradisional beralkohol dari nira kelapa) sebagai pengganti ragi, namun karena keterbatasan akses, ragi instan menjadi alternatif yang populer.

Proses Pembuatan

Proses pembuatan Bika Ambon membutuhkan kesabaran dan ketelitian. Berikut adalah langkah-langkah umum dalam pembuatan kue ini:

  1. Pembuatan Adonan: Campuran santan, daun pandan, daun jeruk, kunyit, dan serai direbus hingga mengental, kemudian didinginkan. Ragi dan gula dilarutkan dalam air hangat, ditambahkan sedikit tepung untuk membuat starter. Telur dan gula dikocok hingga gula larut, lalu tepung tapioka dan campuran santan ditambahkan secara bergantian sambil diaduk rata.

  2. Fermentasi: Adonan disaring dan dikocok dengan spatula kayu selama 15 menit, kemudian didiamkan selama 3 jam untuk fermentasi, yang akan membantu pembentukan tekstur berongga.

  3. Pemanggangan: Adonan dituang ke dalam loyang dan dipanggang dengan panas bawah pada suhu 170 derajat Celsius dengan pintu oven sedikit terbuka selama 30 menit, lalu panas atas dan bawah dengan pintu tertutup hingga kue matang.

BACA JUGA  Tepung Kanji vs Tepung Maizena: Apa Bedanya?

Tips Sukses Membuat Bika Ambon

  • Konsistensi Adonan: Pastikan adonan tidak terlalu encer atau terlalu kental.
  • Fermentasi: Suhu ruangan yang hangat dan stabil sangat penting untuk fermentasi yang baik.
  • Pemanggangan: Gunakan oven dengan panas yang merata dan hindari membuka pintu oven terlalu sering.

Kesimpulan

Bika Ambon adalah kue yang unik dan lezat, yang pembuatannya memerlukan perhatian khusus pada detail. Dengan mengikuti resep dan tips di atas, Anda dapat mencoba membuat Bika Ambon sendiri di rumah dan menikmati kelezatan kue berongga yang telah menjadi bagian dari warisan kuliner Indonesia. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

: Video Tutorial Pembuatan Bika Ambon
: Sejarah dan Budaya Bika Ambon
: Bika Ambon di Wikipedia.

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment

Ads - Before Footer