Kelezatan Tersembunyi: Minuman Khas Bangka Belitung

Rini Diana Wati

Bangka Belitung, sebuah kepulauan yang terkenal dengan pantai-pantainya yang indah dan lada putihnya, juga memiliki kekayaan kuliner yang tak kalah memikat. Salah satu aspek kuliner yang sering terlewatkan adalah minuman khas daerah ini. Dari es jeruk kunci yang menyegarkan hingga Tai Fu Sui yang unik, setiap minuman mencerminkan kekayaan budaya dan tradisi lokal. Mari kita selami lebih dalam ke dalam dunia minuman khas Bangka Belitung yang legendaris ini.

Es Jeruk Kunci

Es Jeruk Kunci adalah minuman yang harus dicoba oleh setiap pengunjung. Dibuat dari jeruk kunci asli Bangka Belitung, minuman ini tidak hanya menyegarkan tetapi juga kaya akan aroma dan rasa. Jeruk kunci, atau ngrinyam, adalah buah kecil yang berukuran sebesar bola pingpong dengan kulit hijau dan daging buah berwarna kuning keoranyean saat matang. Rasanya yang asam dan segar membuat Es Jeruk Kunci menjadi favorit, terutama saat cuaca panas terik.

Es Kacang Merah Ayong

Di kota Pangkalpinang, Warung Es Ayong menawarkan Es Kacang Merah yang merupakan kombinasi dari es serut, cincau, cendol, kolang-kaling, tapai singkong, kelapa muda, buah nipah, alpukat, kacang hijau, air gula, susu kental manis, dan tentu saja, kacang merah. Minuman ini adalah perpaduan sempurna dari tekstur dan rasa yang berbeda, memberikan sensasi yang unik bagi penikmatnya.

Tai Fu Sui

Tai Fu Sui adalah minuman yang berasal dari pengaruh budaya Tionghoa di Bangka Belitung. Terbuat dari kacang kedelai yang diblender halus dan direbus dengan gula, Tai Fu Sui bisa dinikmati baik hangat maupun dingin. Minuman ini sering disajikan sebagai pendamping otak-otak saat berbincang.

BACA JUGA  Sewa Bus Pariwisata Sidoarjo

Es Campur Pelangi Anggrek

Es Campur Pelangi Anggrek adalah minuman yang menggabungkan berbagai jenis buah dan bahan lainnya menjadi satu kesatuan yang harmonis. Dengan warna-warni yang menarik, minuman ini tidak hanya enak dilihat tetapi juga lezat untuk dinikmati.

Dalam tabel berikut, kita rangkum informasi tentang minuman-minuman tersebut:

Minuman Deskripsi Tempat Ditemukan
Es Jeruk Kunci Minuman segar dari jeruk kunci asli, asam dan menyegarkan Warung-warung lokal di Bangka Belitung
Es Kacang Merah Ayong Kombinasi es serut dan berbagai bahan lainnya Warung Es Ayong, Pangkalpinang
Tai Fu Sui Minuman khas Tionghoa dari kacang kedelai Berbagai tempat di Bangka Belitung
Es Campur Pelangi Anggrek Es campur dengan berbagai buah dan bahan Warung-warung lokal di Bangka Belitung

Minuman khas Bangka Belitung ini tidak hanya menawarkan keunikan rasa, tetapi juga pengalaman budaya yang kaya. Jadi, jika Anda berkesempatan mengunjungi kepulauan ini, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi minuman-minuman legendaris ini. Selamat menikmati!

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment

Ads - Before Footer